About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

23 March 2014

Fakta Pengujian Infra-Red Rejection pada Kaca Film

Belakangan ini banyak merk yang "jor-jor-an" menonjolkan spesifikasi Infra-Red Rejection (IRR) yang tinggi (sampai 99%) menggunakan alat transmission meter 3M dengan wavelength 900-1000nm.

Apakah semua kaca film IRR 99% dari hasil test dengan alat transmission meter 3M tersebut memiliki performa tolak panas yang sama?

Apakah kaca film yang di ukur dengan alat transmission meter 3M tersebut dapat selalu mewakili bahwa yang lebih besar IRR-nya lebih "adem"?

JAWABNYA: BELUM TENTU!

NIR (Near-Infrared Spectrum) itu rangenya dr 780-2500nm.
Belum ada alat test sederhana yg bisa melakukan pengukuran rata-rata IRR dlm semua range wave-lenght NIR, kecuali TEST LAB.

Ada beberapa manufactur yang menonjolkan pengukuran infra-red dalam wavelength 900-1000nm dan mereka menggunakannya sebagai marketing gimmick dan sales tools dengan menyatakan bahwa spesifikasi IRR kaca filmnya 99%.
Padahal infra-red rejection yg disebut2 menyumbang 50% dari TSER itu harusnya dalam pengukuran wavelenght NIR (780-2500nm), bukan hanya 900-1000nm.

Disamping ini illustrasi wavelength pengukuran 900-1000nm (area biru)
Dalam kenyataannya bila kita ukur dalam NIR wavelength 780-2500nm maka dimungkinkan hasilnya IRR rata2 dalam wavelength NIR (780-2500nm) hasilnya hanya 80-87%, beda dengan real yg di "jor-jor-kan" IRR 99% yang dihasilkan dengan alat transmittion meter wavelenght 900-1000nm.

Contoh pengujian perorangan/personal yang menggambarkan bahwa alat trasmission meter wavelenght 900-1000nm dapat menjadi alat manipulasi pengukuran infra-red sebagai sales tools dapat di baca di http://goo.gl/Tny4Ea

Ukuran tolak panas kaca film bukanlah Infra-red Rejection, tetap yang paling benar adalah mengacu pada spesifikasi TSER (Total Solar Energy Rejected)

Spesifikasi TSER yang valid adalah TSER yang di claim berdasarkan HASIL TEST LAB lembaga pengujian internasional yang credible, Bukan TSER claim pabrikan apalagi hanya claim pemegang merk tanpa dasar hasil test lab.

LLUMINOX merupakan salah satu merk kaca film yang menyajikan spesifikasi TSER di websitenya (www.lluminox.com) berdasarkan hasil test lab internasional terkemuka, ATLAS-MTS, U.S.A

Kaca film LLUMINOX tersedia di Monza Autosport!

(CLICK)

Article courtesy of kaskuser ModCS .. http://goo.gl/tjorA0 dan http://goo.gl/Tny4Ea
[Chris - Monza Autosport]

2 comments:

  1. kalo lluminox IRR utk 780-2500 brp utk E35?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila anda baca dengan cermat telah di info bahwa pada web www.lluminox.com spec yang tertera adalah hasil test lab sertifikasi Atlas-MTS U.S.A., termasuk spec TSER.
      Sebagai informasi tambahan buat anda, untuk acuan performa tolak panas sebuah kaca film, lebih valid mengacu pada spec TSER dari pada spec lainnya, tentunya spec TSER hasil uji test lab lembaga pengujian internasional terkemuka.

      Delete