About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

23 October 2017

Spesifikasi penting untuk memilih kaca film mobil

Performa kaca film (window films) dapat di telaah berdasarkan spesifikasi kaca film tersebut.
Spesifikasi kaca film (window films) umumnya dalam singkatan yg mungkin awam (tidak umum) diketahui oleh semua orang.

Untuk memudahkan membaca spesifikasi untuk kaca film untuk mobil maka dapat difokuskan pada
4 spesifikasi yang penting untuk diperhatikan, sbb:

UVT (Ultraviolet Transmittance), kebalikannya UVR (Ultraviolet Reflectance)
Ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior kulit retak / pecah2, warna interior mobil memudar (fading) dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin kecil % UVT semakin baik, pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99% (UVT = 1% atau UVR = 99%)

VLT (Visible Light Transmittance)
Persentase VLT menandakan besarnya cahaya yg lewat melalui kaca film.
VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, tp bukanlah sebagai ukuran % kegelapan kaca film, karena kegelapan kaca film juga dipengaruhi oleh bahan dasar kaca film tersebut. Pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5% (VLR 5%), menyerap cahaya 5% (VLA 5%) dan tembus cahaya sebesar 90% (VLT 90%).
Sebagai acuan antara VLT dg tingkat kegelapan KF sbb:
VLT 70%, kegelapan kaca film 10-15%

VLT 60%, kegelapan kaca film 15-20%
VLT 35-40%, kegelapan kaca film 30-40%
VLT 20-25%, kegelapan kaca film 60%

VLT 10-15%, Kegelapan kaca film 70%
VLT 5%, kegelapan kaca film 80%


VLT bila sudah mencapai 5% (setara kegelapan KF 80%) maka saat parkir mundur pd malam hari dg kondisi penerangan yg kurang maka akan sulit melihat spion dg jelas/leluasa. Tp tentunya VLT 5% memberikan privacy yg lebih saat siang maupun malam hari, krn tidak dapat dengan mudah orang diluar melihat ke dalam kabin.


IRR (Infra Red Reflectance/Rejected)
Infra-Red adalah radiasi panas yg dibawa oleh cahaya matahari,
semakin besar spec % IRR semakin baik.

TSER
(Total Solar Energy Rejected)
Persentase total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable terbesar didalam TSER.



Spec tolak panas mengacu pada spec TSER, tapi TSER tidak dapat mudah di ukur, harus melaui test lab untuk spec TSER yg valid, acuan pengukuran TSER terdiri dari beberapa variable yang secara logic dapat di telaah apakah spec yg dipaparkan logic atau tidak.
TSER secara umum adalah akumulasi bbrp variabel terdiri dari:
IRR = 50%
VLT = 40% 
UVR = 3%
Variabel lain = 7% (spt: bahan dasar, teknologi, proses pembuatan, etc)

Perlu bijak membaca spesifikasi TSER, karena tidak sedikit yang memanipulasi spesifikasi TSER sebagai marketing gimmick atau sales tools.
Spesifikasi TSER yang valid adalah TSER yang di claim berdasarkan HASIL TEST LAB lembaga pengujian internasional yang credible, Bukan TSER claim pabrikan apalagi hanya claim pemegang merk tanpa dasar hasil test lab.

Terlampir adalah kumpulan spesifikasi kaca film sbg bahan perbandingan untuk mengetahui lebih jauh akan performa yg diberikan oleh berbagai merk kaca film. Spesifikasi kaca film secara lengkap dapat dibaca pd artikel Windows Film Glossary


Baca juga (click to read):
Fakta pengujian IR yang di manipulasi
Heat Test Kaca Film Nano Ceramic, sama-sama IRR 99% tapi nyatanya beda performa tolak panas 
Apa itu TSER dan mengapa menjadi spesifikasi penting dari sebuah Kaca Film
Sudah pakai Kaca Film mahal masih terasa panas
Tips agar kabin mobil cepat sejuk setelah parkir terjemur
Beda Mobil, beda kemampuan tolak panas kaca film

Bagi yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut u/ memilih kaca film, jangan sungkan menghubungi Monza Autosport 


(CLICK)

[Chris ~ Monza Autosport]


354 comments:

  1. kalau kaca film utk minibus carry apa ya bozz yg murah meriah tapi bagus.

    ReplyDelete
  2. Kata murah adalah sebuah hal yg relatif untuk setiap orang, lebih tepat bila mengacu pada range budget yang disiapkan/dianggarkan.

    Bila "Bagus" yg dimaksud adalah performa dan kualitas kaca film, dapat mengacu pada spesifikasi Kaca Film, tapi list pilihan yg tepat didapat bila mengacu pada range budget yg dianggarkan, warna Kaca film dan % tampilan yg ingin didapat.

    ReplyDelete
  3. mo nanya dikit ne bos, saya punya kndala soal panas dimobil saya. ceritany gini,... saat pertama tu mobil kluar dari dealer didalamnya dengan AC wuiiih ADEM banget. 2 Bulan kmudian trjadi musibah yang menyebabkan mobil terbalik, KACA depan PECAH. 1 blan kmudian kluar dri bengkel ada yg berbeda, pada saat Panas terik Kayakny kekuatan AC gx ngaruh banget, udah full pun terkadang masih ada keringat yang menetes, apalagi klu keadaan mobil berhenti (gx jalan) wuih mandi deh...!!! wah AC gx beres neh, tetapi klu cuaca hujan wuihhhh tu AC duiiinginnn bget. Nah kira2 apa pengaruhny bos? apa krena kaca yg udah dignti atau mang AC rada2 sentimen ma saya ya? mohon solusiny bos..... TERIMA KASIH BANYAK-BANYAK YA...!!!

    ReplyDelete
  4. Eh... buat Tambahan Kaca Baruny Gx Pake KF

    ReplyDelete
  5. Kalo ga pakai KF untuk kaca depan pasti terasa panas saat berkendara terutama pada tangan dan paha saat mengemudi.

    Itu adalah fungsi utama kaca film.. untuk meredam panas yg masuk dari kaca saat berkendara shg memberikan kenyamanan saat mengemudi.

    ReplyDelete
  6. bos mo nanya2 dolo ya..
    kbetulan gua mo ganti kaca film kijang EFI matic, keunggulan pake kaca film yg silver ama hitam apa ya bos, soalnya saya suka warna silver terus biar enak and ga' panas dalam mengemudi, klo malem depan juga ga' silau sebaiknya pake merk apa? thx

    ReplyDelete
  7. Pada umumnya KF warna silver pada level harga yg sama memiliki spesifikasi TSER lebih tinggi dari pada KF yg hitam dan dapat dipastikan u/ KF silver memakai teknologi metal sputtering.

    Dulu KF hitam solid (non metal) tidak bisa menyamai spesifikasi TSER dari VKOOL VIP, tapi untuk sekarang ini sudah ada terobosan baru KF warna hitam solid dg TSER yg tinggi dan berteknologi nano ceramic (spt: Evolution Platinum Series & Huper Optik Ceramic)

    Untuk kaca dpn agar tidak terlalu silau krn sorot lampu mobil berlawanan arah bisa pertimbangkan u/ pakai kaca dpn dg VLT 42-35% (kegelapan 30-40%)

    Soal merk, silakan lihat kumpulan spesifikasi KF diatas pd topic ini dan cocokan dg kebutuhan anda.

    ReplyDelete
  8. bos, bila tidak memasukan unsur biaya, pure technical spec, antara VK70+VIP vs 3M CR70+OX10 vs Drei/Sech+Cerammic20 gimana? tks ya.

    ReplyDelete
  9. mau tanya pak
    kalau pasang 3M CR 70 utk kaca depan dan CR 40 untuk samping dan belakang kira2 kena brapa yah?

    ReplyDelete
  10. Bila hanya memperhatikan spec KF maka VKOOL70, 3M CR70 dan Sech specnya setara, kalo DREI dg TSER 70% diatas ketiga KF tsb tapi DREI bukanlah KF Clear spt ketiga KF tsb. Sdgkan u/ smpg-blkg dg VKOOL VIP, 3M OX10 (lbh disarankan 3M RS20), Ceramic20 memiliki Spec TSER setara (beda tipis), tp beda teknologi pembuatan KF dan material dasar KF tsb.

    ReplyDelete
  11. pak klo llumar yg type super black di pasang full tanpa depan, dr gelap gelap ga yah ? atau bagus mana sama llumar yg seri oem itu ? mohon infonya pak ? atau ada rekomen yg bgs untuk depan dan harganya murah selain super clear punya llumar jg

    ReplyDelete
  12. Superblack dg VLT 5% dari dpn gelap, dari dalam saat malam dg pencahayaan kurang agak sulit melihat spion dg jelas saat parkir mundur, kalo saat siang sih ga masalah.

    Seri OEM type LAN10 warnanya silver, sedangkan Llumar SuperBlack warna hitam dg sedikit layer reflect.

    U/ kaca dpn yg clear dan murah ada.. tp kurang bagus spec TSERnya (performa tolak panas). Btw, murah mahal adalah hal yg relatif, lebih tepat bila di fokuskan pada range budget yg disiapkan.

    ReplyDelete
  13. bos minta rekomendasi kaca film untuk grand civic , depan yg jelas liat keluar dan juga nolak panas, prefer warna agak kehijauan, karena warna mobil hijau tua :)

    budget 1.5 jt , pasang di kantor (daerah thamrin)

    tx

    ReplyDelete
  14. budget minimum buat pasang KF yg lumayan brp?

    ReplyDelete
  15. U/ Anonim (Grand Civic) silakan hubungi Monza Autosport di 688 36 360 / 9999 5600 / 0812 921 5600

    @rid: KF branded yg sudah lumayan performanya u/ 1 mobil (dpn,smpg-blkg) dapat ditebus dg harga 1jt-an.

    ReplyDelete
  16. mau tanya untuk yaris, KF yg blakang n samping mau ga kliatan dr luar pas siang, tp kalau malam bisa liat jelas dr dlm..soalnya mata kurang jelas liatnya kalo malam...
    budget 1,5...

    ReplyDelete
  17. @fenisia: coba lebih detail mengenai "ga mau kelihatan dari luar pas siang" << dilihat dari jarak berapa?
    Mau KF warna silver atau hitam?

    ReplyDelete
  18. klo buat panther mendingan pake apa yah???
    yang bagus tp murah,,,
    KF buat samping dpn belakang....
    yang bisa buat mobil ga panas klo dijemur dan tahan gores.....

    ReplyDelete
  19. "Bagus tapi MURAH" << ini memang dicari semua orang :) , tapi kata "MURAH" adalah hal yg relatif untuk setiap orang ... seberapa "MURAH" yg dimaksud? ... mungkin lebih tepat adalah "range budget berapaan yg di minati?" krn pada tiap range budget ada pilihan Kaca film yg Value For Money.

    Jangan salah mengerti tentang fungsi Kaca Film. Fungsi utama KF adalah
    1. Menolak/meredam/mengurangi panas sinar matahari yg masuk dari kaca mobil bukan dari body mobil.
    2. Membantu (mempercepat) penurunan suhu dalam kabin mobil saat A/C mobil dinyalakan (*dg asumsi A/C berfungsi normal).

    Perlu diketahui panas kabin sebanyak 60-70% berasal dari rambatan panas body mobil, sisanya sebesar 30-40% dari kaca. Jadi jangan harap kalau mobil ke jemur di kabin bisa tetap adem, meskipun pakai KF yg sampai6jt 1 mobil.. bila kejemur sudah 2 jam disiang bolong tetap saja kabin mobil panas spt ruang sauna, apalagi kalau mobilnya berwarna hitam >> di yakini 5% lebih lama adem dibanding mobil warna putih/silver.

    Yang pasti KF bukanlah obat anti panas kabin mobil saat terjemur di parkiran terbuka.

    Disamping itu Fungsi tambahan lainnya:
    1. Safety, saat kaca pecah, serpihan kaca tidak berhamburan/terpental krn menempel pada lapisan kaca film.
    2. Privacy, dapat memberikan tingkat privacy yg dibutuhkan shg orang diluar tidak dapat dg mudah melihat kedalam kabin secara jelas.
    3. Efisiensi bahan bakar, dg kinerja kompresor A/C yg lebih ringan krn dpt mencapai suhu kabin optimum lebih cepat maka beban mesin lebih ringan yg ujung2nya adalah efisiensi BBM.

    ReplyDelete
  20. hallo bro saya lagi cari kaca filem neh buat xtrail warna item jadi kaca filem nya jangan warna item mau nya kayak v cool gitu warna nya ada hijau hijau nya

    gua lagi binggung cari kaca filem yang value for money.

    yang cukup dari luar gak liat dalam tetapi waktu malam tidak terlalu gelap karna susah kalau terlalu gelap bawa mobil keluar kota

    setelah liat list kaca filem
    pilihan ku
    huper optik select drei
    3M crtstaline cr 40
    kalau bisa sih samping nya mau gelap dikit

    atau bro ada rekomendasi lain untuk lebih cocok ama xtrail item ku

    terima kasih bro
    di tunggu balasannya

    ReplyDelete
  21. @antonius:
    Dilihat dari pilihan anda DREI dan CR40 dipilih u/ kaca dpn... tampilan DREI dan CR40 tidak memberikan efek kehijauan spt VKOOL70/VKOOL40.
    U/ kaca smpg kalau sering keluar kota ada baiknya dg kegelapan 60-70% max.

    Btw, u/ konsultasi lebih lanjut bisa hub Monza Autosport di 688 36 360 / 9999 5600 (office hour).

    ReplyDelete
  22. wah artikelnya membantu sekali, thanks atas infonya.

    bro, mau nanya kalau xtrail hitam, mau tampilan black, VIP, bagusnya pakai apa ya? (utk depan dan belakang), dan lebih concern ke quality dan looks (price lebih mahal jg ga apa apa).

    thanks & sukses utk monza

    ReplyDelete
  23. Kaca film hitam optionnya banyak dari berbagai merk, tapi hanya segelintir yg memiliki performa yg tinggi.
    U/ tampilan hitam legam VIP Looks dari luar, tp masih terang dari dalam meskipun malam hari kondisi hujan dan juga memiliki performa tolak panas yg tinggi, berdasarkan pengalaman dan spesifikasi KF yg telah terbukti.. untuk sementara ini bisa pertimbangkan 3M Crystalline 40 u/ kaca depan dan Evolution Platinum Series PS10 u/ kaca samping-belakang

    ReplyDelete
  24. mau pasang kaca film untuk jendela rumah 110cmx60cm = 2 buah jendela ... karena menghadap ke barat kena matatari dari siang sampai sore.

    Merk apa yg bagus ?? yg betul-betul anti panas 100% ... harga ? budget ngak masalah.. thx info-nya..

    ReplyDelete
  25. FYI, tidak ada kaca film yg dapat menolak panas 100% (Spec TSER 100%), ... untuk kemampuan tolak panas KF bisa mengacu pada spec TSER, dpt dilihat pada list spesifikasi KF.

    Untuk Inquiry pemasangan KF pada kaca Mobil, Rumah dan Gedung silakan kirimkan email ke monza.autosport@gmail.com, thx.

    ReplyDelete
  26. Bos, buat kaca depan great corolla pake PS 20,Bisakan? n Berapa ya?

    ReplyDelete
  27. @Agung Pramono: Pertanyaan sudah di jawab di pm forum dan juga per telpon :)
    Di tunggu kedatangannya di workshop Mall MGK (Kemayoran)

    ReplyDelete
  28. Bro, gw mau pasang kaca film untuk kaca depan. Kalo 3M CR40 vs Huper Optik Select Drei prefer yang mana? asumsi harganya sama. Trus dari segi tolak panasnya lebih bagus yang mana? Thx

    ReplyDelete
  29. @Matt: Pada harga di pasaran Kaca film, HuperOptik DREI dg 3M CR40 harganya lebih murah 3M CR40, .. kalau hanya mengacu hanya pada tolak panas (Spec TSER) maka DREI lebih tinggi 4% dibanding 3M CR40.
    Btw, kalau sudah biasa dg Kaca Film dg kegelapan 40% pada windshield maka DREI cocok u/ digunakan, tp perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan intensitas cahaya lampu besar u/ kenyamanan & safety berkendara malam hari, krn semakin kecil VLT KF yg dipakai pada kaca dpn maka cahaya lampu besar terasa redup dilihat dari dlm mobil.

    ReplyDelete
  30. Thanks infonya bro. Tapi bukannya kegelapannya sama2 30% bro sesuai tabel spec di atas? Mau tanya lagi, pada tabel spec kaca film yang bro Monza buat, spec TSER Huper Drei = 70% namun TSER 3M CR40 = 59 - 66%. Ini maksudnya gimana bro? Kenapa hanya 3M CR40 yang ada range TSERnya, sedangkan Huper Drei tidak?

    ReplyDelete
  31. @Matt:
    Pada list daftar spec dibuat berdasarkan data dari resmi KF yg bersangkutan. Dibawah tabel sudah tertulis dg jelas bahwa dimungkinkan ada perbedaan bila diukur dg alat digital transmition meter, meskipun tidak semua tp ada beberapa yg berbeda.
    DREI saat diukut dg alat digital transmition meter VLTNya adalah 32% (setara dg kegelapan 40%+) sdgkan 3M CR40 VLTnya 42% (setara dg kegelapan 30%)
    DREI berbahan dasar metal (dg proses metal sputtering) makanya tidak ada range TSER krn umumnya berbahan metal lebih stabil, tp bahan metal juga ada kekurangannya stlh dipakai menahun (umumnya stlh lepas masa garansi) spt korosi dan butek, selain itu KF dg bahan metal dapat mengurangi sinyal GPS.
    Crystalline 40 dibuat dg proses multilayer polyester (non metal) bila cahaya panas masuk tegak lurus 90derajat TSERnya 59% dan mencapai TSER 66% pada sudut 60%.
    Selain itu ada pembuatan KF dg teknologi nano ceramic yg dapat memberikan keunggulan kedua proses sebelumnya, .. performa stabil, non metal yg friendly sama GPS dan tentunya bebas korosi, bisa mencapai TSER tinggi u/ kegelapan 60-80%, memiliki feature polarize shg cahaya diluar terlihat lebih terang, tapi sampai saat ini masih belum didapatkan TSER tinggi u/ kategori KF clear (20-30%) dg bahan dasar nano ceramic.

    ReplyDelete
  32. Bro Monza, bisa minta tolong diukur pake alat digital transmission meter (VLT dan IRR) Llumar Super Black karena di tabel IRRnya ditulis N/A. Sekalian juga VLT dan IRR untuk 3M BB20 dan BB5 apakah ada perbedaan dgn spec di tabel pada saat diukur? Thx in advance.

    ReplyDelete
  33. @Dave: Silakan mampir ke workshop Monza di Mall MGK (Kemayoran) Lt.6 Blok D3 No.5, untuk melihat secara langsung hasil testnya.
    Bila anda berada diluar jkt, silakan kunjungi workshop terkemuka di kota anda yg memiliki alat digital transmition meter.

    ReplyDelete
  34. gambar lampiran kumpulan spesifikasi kf-nya terlalu piyik om, gak keliatan, digedein malah pecah

    ReplyDelete
  35. Gambar kumpulan spesifikasi KF .. diclick dulu... tar terbuka yg lebih besar, pasti cukup u/ dilihat dg jelas.

    ReplyDelete
  36. om Monza..
    kalo Total Solar Reduction sama
    Solar Heat Reduction itu gunanya apa yah ?
    sama gak sama TSER ?

    ReplyDelete
  37. Perbedaan masing2 spec bisa dilihat di topic windows film glossary.

    U/ indikasi tolak panas yg terpenting adalah spec TSER (Total Solar Enery Rejected)

    ReplyDelete
  38. Siang om Monza...
    mw nanya" nih kalo IRR rendah menyebabkan apa yah ?
    apakah udara panas lebih menyengat dalam mobil yah ?
    oh iya, sekalian mw tanya ada product kaca film merk Excellent TSER nya ada yang sampe 85% tetapi IRR nya cukup rendah hanya 90%...
    apakah product kaca film itu baik ?
    thx..

    ReplyDelete
  39. IRR rendah menyebabkan cahaya yg masuk melalui kaca semakin besar/tarasa, bukan udara panas.. tapi cahaya panas matahari.

    TSER sampai sementara ini plg besar dari semua merk rata2 adalah 70-71% dimana IRR merupakan salah satu variabel dalam TSER dg porsi terbesar, sbg contoh VKOOL VIP yg memiliki VLT 14-15% (kegelapan 70%, makin terang umumnya makin sulit mencapai TSER lebih tinggi) IRR 96% TSER 70,91% meskipun sudah menggunakan teknologi metal sputtering dg bahan dasar perak yg memastikan dapat mendongkrak spec TSER tetap saja TSERnya tidak bisa lewat 71%, jadi silakan anda tarik kesimpulan sendiri akan spec produk tersebut. Memiliki spec IRR 90% sudah cukup baik dan IR transmition bisa di cek dg alat digital transmition meter.

    ReplyDelete
  40. Kalau kaca depan udah pasang Huper Ceramic 70, tapi masih merasa kurang gelap, apakah bisa ditimpa dgn KF metal-free lainnya agar lebih gelap (tapi tanpa melepas Huper)

    ReplyDelete
  41. Bisa di double/dilapis dg KF metal free lain agar lebih gelap tapi pastinya garansi void.

    ReplyDelete
  42. Pak, kaca film depan huber optik ceramic 40 dan 3M CR 40 untuk mobil fortuner berapa?

    ReplyDelete
  43. @Citarasa: Untuk bertanya tentang harga silakan kirim email ke monza.autosport@gmail.com atau telp langsung ke 68836360.

    ReplyDelete
  44. Bos Monza,

    Kaca depan panther kapsul saya tergores kena viper dan belum pakai kaca film, apa bisa sekalian diservis ? Kalau hanya depan aja pakai 3 M berapa harganya ?

    ReplyDelete
  45. @ahmd: silakan kirim email ke monza.autosport@gmail.com atau telp langsung ke 68836360.

    ReplyDelete
  46. Halo Monza,

    Minta rekomendasi KF untuk avanza hitam, sering dipake luar kota, bdg - jkt jadi kaca depan pengennya jelas wkt malam dan hujan
    jg ga silau kena lampu. Minta spec tser yg bagus jg krn sering keluyuran siang hr di jkt. Preference 3M, bujet 1.5jt. Thx

    ReplyDelete
  47. untuk konsultasi dan rekomendasi KF silakan langsung hub no 68836360 atau kunjungi workshop monza.

    ReplyDelete
  48. Bos, gw masih blm faham IRR & TSER. Contohnya, antara Huper Ceramic 40 (IRR 80%, TSER 55%) vs Huper Ceramic 70 (IRR 91%, TSER 47%). Kok bs ya IRR nya Ceramic 70 lbh bagus tp TSER lbh jelek? Bknnya IRR adalah komponen terpenting di TSER?
    Jadi, akan lbh dingin mana jika kita mengendarai mobil dgn Ceramic 40 vs 70?

    ReplyDelete
  49. TSER merupakan total dari gabungan beberapa variable dlm spec KF dg kombinasi % tertentu, Benar adanya IRR adalah variable terbesar didalam TSER, tapi dimungkinkan pada KF tertentu meskipun IRR lebih rendah tapi memiliki TSER lebih tinggi krn faktor variabel penunjang lainnya.
    IRR dapat diukur dg alat digital transmition meter tapi u/ TSER baru dapat diukur dg tepat pada test lab.
    Untuk spec tolak panas lebih tepat mengacu pada spec TSER.

    ReplyDelete
  50. Boss, mau tanya...
    Saya punya avanza, sudah ada kaca film dari dealernya. (Gak jelas merk dan embel embel lainnya, yg pasti masih keliatan banget kalo dari luar)

    Dengan budget 2 jt (sukur sukur bisa 1,5an), yang saya mau:

    1. Kaca depan full, dari luar agak remang tapi kalau dari dalam
    jelas terutama malam hari, dan yang pasti daya tolak panas tertinggi (cirebon bro, panasnya edan...)

    2. Untuk samping dan belakang, dari dalam jelas melihat keluar, dari luar reflective seperti cermin.

    3. Bergaransi.

    4. Kaca film lama harus dilepas atau ditambahkan langsung?
    Ada pengaruhnya dengan garansi ngga?

    5. Apakah monza memiliki bengkel rekanan di crb?

    Thanks.

    ReplyDelete
  51. KF standard avanza adalah KF sparta, bila sekarang terlihat semakin terang dari luar artinya sudah mulai memudar.

    Dg kriteria yg diinginkan dan budget 1.5-2jt berwarna silver dg kegelapan antara 30-40% dan smpg blkg 70-80%. Yg value for money bisa pertimbangkan Evolution's CS35 (dpn) + CS10 (smpg-blkg) .. untuk avanza Rp. 1.6jt (stlh disc max), Garansi KF Evolution's 7thn

    KF lama sebaiknya dilepas krn kualitasnya juga tidak bagus, selain itu bila di double maka KF tidak bergaransi

    Monza belum ada cabang maupun rekanan di cirebon.

    ReplyDelete
  52. Bos monza..budget saya sekitar 1,5jt smpe 2jt..saya mau pasang kf yang dari luar hitam pekat dan dari dalam terang untuk peugeot 206..rekomendasi dari bos monza apa nih?yang high quality klo bs bos

    ReplyDelete
  53. Halo Alvin, untuk bertanya2 harga KF dan berkonsultasi silakan tlp 68836360, terima kasih.

    ReplyDelete
  54. Boss mo tanya, klo PS40 ama PS10 buat E36 silver cocok ga ya? kena berapa tuh?
    PS10 malem masih jelas buat mundur?

    ReplyDelete
  55. Evo Platinum Series berwarna dasar hitam yg merupakan warna netral, tentu cocok aja dg mobil warna apapun.
    PS10 masih nyaman digunakan u/ kaca samping - belakang, meskipun kegelapan dariluar sudah mencapai 75% tapi kondisi hujan dimalam hari spion masih dapat terlihat dg jelas.
    Untuk harga2 silakan telp ke 68836360

    ReplyDelete
  56. gan,, mau nanya nih,, mobil ane avanza tipe S tahun 2007,, mau pasang KF full (depan,samping ama belakang), budget sekitar 1,5 jutaan,, enaknya apa ya ?? apa di mix 3M ama evolution,, ato malah pake yang lain,, makasih gan,, mohon penjelasannya..

    NB : harga bersaing ama di luar khan bos ?? hehehe,,

    ReplyDelete
  57. @Arjun4: pemilihan kaca film sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan budget, untuk harga silakan hubungi 68836360, thx.

    ReplyDelete
  58. Gan...dengan bujet 3 jutaan untuk KF mobil Yaris, kaca depan V-kool 40, kaca samping dan belakang mau yg kegelapan 80%. Tolong kasih saran pake apa, lebih suka yang TSER tinggi. Thx.

    ReplyDelete
  59. Yaris kaca depan pakai VKool-40 sudah >2jt itupun setelah disc maximum, untuk smpg-blkg TSER tinggi agak sulit didapatkan dengan sisa budget <1jt.
    Informasi lebih lanjut tentang harga2 kaca film silakan telpon langsung ke 68836360, thx.

    ReplyDelete
  60. Bro Monza,
    Mobil saya Jazz 2006 pengen pake 3M full dengan budget 1,5 jt,dgn spek sbb :
    1. Kaca depan dari luar agak gelap tapi kalau dari dalam jelas terutama malam hari, dan yang pasti daya tolak panas tertinggi

    2. Untuk samping dan belakang, dari dalam jelas melihat keluar, dari luar reflective seperti cermin (silver)

    3. Sebaiknya yg Bergaransi.

    Thanks banget bro, di tunggu banget nih balasannya..soalnya pengin pasang hari minggu ini

    ReplyDelete
  61. @Fachry: untuk konsultasi harga dan pilihan KF sesuai dg budget silakan tlp langsung ke 68836360, thx.

    ReplyDelete
  62. utk hyundai getz.. belakang & samping 80%. samping depan 60%. depan 40% warna hitam. budget brp? pengerjaan berapa lama? thx

    ReplyDelete
  63. Pengerjaan bongkar pasang kaca film umumnya 3-4jam.
    Untuk harga dan konsultasi pilihan KF silakan telpon ke 68836360, thx.

    ReplyDelete
  64. bos< saya mau pasang kaca film untuk mazda2 hatcback> kira kira antara v-kool dan huper optic ceramic< mana yg menurut bos baik>
    kalau kaca depan 40% kalau malam terlalu gelap tidak ? dan samping belakang 60% terlalu gelap atau terang? sekalian harganya ya bos<<<

    ReplyDelete
  65. Halo bos,.. baik VKOOL maupun Huper keduanya bagus, tinggal sesuaikan dg selera dan budget.
    Untuk kaca dpn dg kegelapan 40% (VLT 35%) dibiasa digunakan dan masih OK saat malam hari, tapi hal ini balik ke persepsi dan kebiasaan masing2 pengemudi.
    U/ kaca smpg blkg kegelapan 60% adalah standard pabrikan mobil, dari luar masih terlihat bayang orang di dalam.. bahkan u/ sudut tertentu akan menerawang jelas kedalam.
    Untuk harga2 silakan telpon 68836360.
    Saran kami sebaiknya mampir ke workshop Monza dan langsung lihat contoh KF-nya agar tidak salah persepsi, terutama maslah warna, kegelapan, dan juga tersedia alat digital transmition meter dan mobil demo yg terlah terpasang bbrp jenis KF u/ perbandingan langsung.

    ReplyDelete
  66. Bos, mau tanya kalo pasang KF 3M untuk mobil atoz depan, samping, belakang, type yang transparant aja jangan terlalu gelap kira2 brapaan ya? terima kasih

    ReplyDelete
  67. KF 3M ada bbrp type, type yg mana yg dimaksud? .. Sekiranya untuk detail dan diskusi lebih lanjut tentang type2 KF dan harganya bisa telp langsung ke 68836360, thx.

    ReplyDelete
  68. bos, i punya ford fiesta, i pingin semuanya total gelap ga bisa diliat dari luar, termasuk kaca depan, tapi syaratnya kaca depan tetap jelas buat malam dan tetap adem buat siang, coz i pernah pke perfection 60% buat depan...wahhh masih kelihatan jelas jadi i lapisi 40% pake ktt yg penting benar2 ga keliatan dr depan.dgn keadaan ini aja i tetap selamat aja kok pulang balik keluar kota........nahh mohon pencerahannya ya bos kira2 mana nih yg paling mantaf........tx ya bos

    ReplyDelete
  69. @Raymond:
    Dg kriteria yg diinginkan maka bisa pertibangkan kaca film Eclipse (nano ceramic) dg kombinasi dpn E15 + smpg-blkg E05, dijamin ga bisa lihat kedalam, terutama yg samping sampai dahi nempel ke kaca pun tidak bisa intip kedalam .. tapi dari dalam masih bisa lihat keluar dan pada kaca dpn lebih terang dari pd perfection 60% dan didouble dg kf 40$.
    Detail lebih lanjut silakan hubungi 68836360. thx

    ReplyDelete
  70. Bos, kalo secara obyektif, beda jauh ga pake 3M BB20 ama Evo PS10 untuk SSB, berhubung harga ampe separonya ??

    ReplyDelete
  71. @Momo: performa PS10 jauh diatas BB20, baik dari spesifikasi maupun real life usage terasa bedanya.
    Agar lebih pastinya silakan kunjungi workshop Monza untuk mengetahui secara langsung perbedaannya secara real.

    ReplyDelete
  72. Bos Monza, thanks informasinya lengkap banget.
    Btw, saya punya Nissan Grand Livina grey abu-2, pingin ganti KF. Mau nanya pemakaian KF samping+belakang untuk warna cat mobil gelap/grey/hitam, dari estetika lebih serasi mana, antara silver reflective atau black ya? Thanks ya boz.

    ReplyDelete
  73. G.Livina grey menggunakan kaca film warna silver atau hitam pasti cocok saja krn warna silver dan hitam adalah warna netral yg masuk untuk di padu padan dg warna mobil apapun, tinggal sesuaikan dengan selera anda.
    Tapi perlu diketahui, sekarang ini kaca film hitam sedang menjadi trend krn kemajuan teknologi KF memmungkinkan KF warna hitam memiliki performa yg tingi.

    ReplyDelete
  74. boss monza, mau tanya untuk kaca depan menggunakan hupwe opti tipe ceramic 40, apakah cukup untuk meredam panas?

    ReplyDelete
  75. Tinggal dilihat dari spesifikasi TSER, semakin tinggi spesifikasi TSER maka semakin baik kemampuan kaca film u/ meredam/menolak panas yg masuk melalui kaca.

    ReplyDelete
  76. Pengen nanya nih! boss monza ada cabang gk di Balikpapan ato samarinda. bingung mo ganti KF, pernah nanya ama penjual KF di kota ane (Bontang) direkomendasikan KF johnson (gk tau type yang mana)untuk yang harganya terjangkau, setelah baca2 artikel boss monza jadi bingung ternyata masih banyak yg lain, Thanks.

    ReplyDelete
  77. @rony: Monza belum membuka cabang di Kalimantan.
    Yang kami tau harga2 kaca film di kalimantan jauh lebih tinggi, bisa pertimbangkan beli dari jakarta bahannya, kita bisa kirimkan dalam tabung paralon. Nanti disana anda tinggal cari tukang pasang kaca film yg dapat diandalkan.

    ReplyDelete
  78. Sy @jie, Mobil Xenia2010 Black. sy mo pasang KF seluruh kaca dari depan-samping belakang, dengan syarat/spesifikasi :
    1> harga tidak menjadi masalah, krn harga tidak akan bohong terhadap kualitas barang.
    2> campur-2 merek tidak masalah
    3> yang paling TOB MARKOTOB untuk menolak panas dari semua merek KF yang ada, yang agan Monza jual.
    4> Sy ingin terlihat Elegan & Privasi
    5> Sy ingin dari dalam kabin terang melihat keluar, walaupun pada malam hari / saat mundur.
    6> Sy ingin Kaca depan selain tidak Panas juga tidak silau, apalagi saat di jalan Tol siang hari bolong / malam kena tembakan sinar mobil dari arah lawan.
    7> Sy ingin melihat spion kanan-kiri tidak gelap.

    dari spek yg sy minta diatas tsb, kira-2 KF apa saja yg pas u Xenia sy + harga detail keseluruhan.

    @713:
    ym : asa.ajie@yahoo.com
    mail : asa.ajie@yahoo.com
    ph : 0852 119 911 12

    Thx....

    .

    ReplyDelete
  79. bos, hari minggu buka ga?

    ReplyDelete
  80. Pada Hari minggu dan tanggal merah workshop Monza Tutup.
    Untuk pemasangan KF pada hari minggu/tgl merah bisa dilakukan bila sudah buat appointment sebelumnya... silakan tlp 68836360

    ReplyDelete
  81. @ajie: .. email sudah kami kirimkan u/ menjawab pertanyaan anda.

    ReplyDelete
  82. Bos Monza, kalau mau pasang KF merk eclipe buat APV arena 2008 bisa kena harga berapa? Untuk semua kaca samping dan belakang pakai eclipe 15 dan kaca windshield eclipe 65. Bisa dapet diskon?

    bisa sms ke 0855 108 5757.

    ReplyDelete
  83. Untuk konsultasi KF Eclipse dan harga u/ APV dpn dg KF Eclipse dpn E65 + smpg blkg E15, detialnya silakan tlp langsung ke 021-68836360, thx.

    ReplyDelete
  84. gan Monza sy @ajie yg Xenia Black2010 yg kemarenan.
    kayaknya ane mo pasang KF yg Eclipse :
    - Depan : E35
    - SAmping : E05
    - Belakang : E15

    sooo.. harga jadi brp semua tsb..??

    ReplyDelete
  85. @jie : sory gan lupa naro email :
    asa.ajie@yahoo.com
    (takut bos lupa email gw)

    ReplyDelete
  86. Bos Monza mau tanya, NISSAN GL type facelift 2011 punya saya (warna body silver) dapat KF merk SolarGuard yg menurut sales-nya tingkat kegelapannya 60%. Kira2 tahu itu type SG yang apa ya, menurut mata saya sih agak kegelapan, terutama malam hari?
    Kemudian jika saya mau KF ganti yang tingkat kegelapannya dibawah itu bisa merekomendasikan type yg apa? Intinya tetap ada daya nolak panasnya yg baik tapi tidak segelap yg sekarang dipakai. Oya opsi pertama: kaca depan dan belakang saja yg diganti.
    Opsi kedua: untuk kesemua kaca KF diganti.
    Kalau bisa diemail ya rekomendasinya untu kedua opsi plus harga.. terimakasih.

    ReplyDelete
  87. @Sammy: umumnya diberikan type SG SI175 type OEM, coba dilihat printing yg ada pada bagian dalam kabin stlh kaca film terpasang .. apa yg tertulis disana... biasanya jelas tertulis type yg terpasang.
    untuk KF yg lebih terang dan tolak panas baik artinya harus perhatikan spec VLT dan TSER.
    U/ konsultasi cepat silakan tlp langsung ke 68836360

    ReplyDelete
  88. Boz Monza,

    Kalau KF untuk kaca depan yang TSER paling bagus tapi tetap tidak menghalangi signal GPS apa ya? Range produk dari Perfection, HuperOptic, dan Vkool?

    ReplyDelete
  89. @Adhi: Pilih produk Kaca Film nano ceramic yg friendly dg singnal GPS.

    ReplyDelete
  90. KF eclipse ada authorized dealer ngga di bandung?

    ReplyDelete
  91. salam kenal bos monza,
    saya fendi di tulungagung, jawa timur.saya sdh baca smua pertanyaan dan pengen ikut numpang nanya juga.
    Mobil saya innova 2010 warna hitam dan saya siapkan budget 2-3 juta untuk ganti KF (dpn-smping-blkng).Hasil dari KF baru yg saya inginkan adalah :
    1.Warna KF hitam solid(dpn-smpng-blkg).
    2.Privasi( dari luar tidak keliatan baik siang ato malam).
    3.Tidak silau,baik siang karna matahari dan malam karna lampu dari mobil lawan.
    4.Tetap dapat melihat keluar dengan jelas terutama pada malam hari.
    5.Spion samping dan belakang dapat tetep terlihat jelas dari dalam waktu mundur malam hari.
    6.Merk KF trsrh bos Monza,campur2 tidak masalah.
    7.Bisa kirim KF ke alamat saya di tulungagung.
    Tolong dijelaskan cara transaksi dan proses pengiriman ke alamat saya juga.Please PM to mobilesolusindo@gmail.com, thanks.

    ReplyDelete
  92. @nathan: sementara ini belum ada authorized dealer KF eclipse di bandung. Bila berminat bisa kami kirimkan rol KF Eclipse u/ anda pasang di Bandung.

    @mobilesolusindo: email sent, pls check.

    ReplyDelete
  93. Arya
    boz tolong dibantu donk.
    aku punya mobil Xenia warna hitam,kaca samping dipasang solar gard 60% dan itu bawaanya, tapi depan msh bawaanya yaitu cpf....mau aku pasang kaca film yg lbh dingin.klo budget 700-1jt bisa dapat apa bos? berapa persen ya? warna silver dan KF nya klo malam dan hujan tetap aman. tolong dibantu ya bozzzz..........

    ReplyDelete
  94. @Arya:.. u/ KF branded dg spec yg mumpuni agak sulit u/ bisa dapat dg budget 700-1jt u/ full window XENIA, harus siap budget daitas 1.4jt u/ pasang KF semua kaca Xenia.

    ReplyDelete
  95. Boz Monza...Mobil toyota rush 2011 saya ingin pasang KF full. Dengan budget 1-1,5jt.
    Sama seperti boz fendi dr tulungagung,hasil yg saya inginkan:
    1.Warna KF hitam solid(dpn-smpng-blkg),jika memungkinkan KF standar tdk dilepas.
    2.Privasi(dari luar tidak keliatan baik siang ato malam).
    3.Tidak silau,baik siang karna matahari dan malam karna lampu dari mobil lawan.
    4.Tetap dapat melihat keluar dengan jelas terutama pada malam hari.
    5.Spion samping dan belakang dapat tetep terlihat jelas dari dalam waktu mundur malam hari.
    6.Merk KF kalo bisa yg 1 merk,tp kalo beda merk lebih bagus tidak masalah.

    email saya di cq.whisnu@gmail.com
    txs bgt bozz...

    ReplyDelete
  96. slm knl boz monza..
    saya said di medan mau bertanya untuk KF Eclipse type e65, e35 dan 3M type ks40, ks70 berapa harganya?

    email said.alkhudri@gmail.com
    thx

    ReplyDelete
  97. mlm om...mw nanya nih,kl KF bwt terios depannya doang brpan yah?KF nya yg 30%,2 arah,kl mlm terang,KFnya yg ga gelap kl diliat dr luar tp bisa nahan panas maksimal.kl ga ngerepotin tolong ksh tw harganya dong om bwt KF tipe spectrum,perfections,indium,evolutions,3M?trs kl saran dr om sendiri yg bagus apa yah n harganya di bawah 1jt...trs kl full depan,samping,belakang harganya brp om?makasi ya om bwt infonya,lg bingung nih om mw masang kaca film tp ga tw mw merk yg mana,maunya sih KF branded yg murah tp ga murahan om n awet.kl ga ngerepotin bisa bls ke email saya om di martua_anggi_hutapea@yahoo.com,makasi ya om...trs di kelapa gading patokan nya dmn nya sih om?

    ReplyDelete
  98. boz Monza, Mobil Saya Avanza Silver. mo pasang KF seluruh kaca dari depan-samping belakang, dengan syarat/spesifikasi :
    1. harga tidak menjadi masalah
    2. campur-2 merek tidak masalah
    3. yang paling TOP utk menolak panas dari merek V-Cool & 3M.
    4. Spy terlihat Elegan & Privasi
    5. Spy dari dalam kabin terang melihat keluar pada malam hari / saat mundur ( terutama gelap gak tembus pandang dari luar pada siang hari )
    6. Tidak Panas juga tidak silau, apalagi saat di jalan Tol siang hari bolong / malam kena tembakan sinar mobil dari arah lawan.

    dari spek yg sy minta diatas tsb, kira jenis apa saja yg pas + harga detail keseluruhan.

    tolong kirim ke email : jjackil67@gmail.co.id
    t.kasih
    Jackil

    ReplyDelete
  99. Mau tanya pak...kalau kaca depan pake chrystallin 40 kalau nyetir malam kegelapan nga yah? Dan kalau sampind belakang pake bb 20? terima kasih

    ReplyDelete
  100. @wishnu, Said, martua dan jackil: silakan cek email.

    @anonim:
    CR40 + bb20 saat berkendara malam masih nyaman

    ReplyDelete
  101. Saya pengguna Avanza, mau pasang Kaca Film, lebih prefer pakai 3M tapi budget terbatas hanya 1,5 juta...bisa dikasih solusi or diskon untuk pasang kaca film di monza??

    Kalau bisa kaca depan pakai CR-70, samping dan belakang menyesuaikan budget tp performa tolak panasnya kalau bisa masih bagus...

    Mohon direspon dengan cepat, kalau OK besok saya langsung ke MGK...

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  102. Salam kenal Bro Chris,

    Mohon info untuk all new picanto, KF dengan performa lumayan & bujet max 1,5 jt(depan-samping-blkg). Ga demen yang terlalu gelap. Thx.
    enrico (enricox@gmail.com)

    ReplyDelete
  103. boz monza, salam kenal, mohon pencerahan nya,
    minta option KF untuk kaca depan livina xgear, bujet 1jt.an, merk antara 3M/Spectrum/Johnson(dgn spek yg sama), maunya yg warna hitam (yg penting ga reflektif),

    tolong di imel ke: aji.little@gmail.com (besrta range harga nya)

    thx

    ReplyDelete
  104. @Dany: Untuk avanza dpn pakai CR70 dan smpg blkg juga mau pakai KF dg budget 1.5jt tidak cukup. u/ konsultasi langsung silakan hub 68836360 (MGK).

    @enricowid: pls check email, thx.

    @anonim: pls check email, thx.

    ReplyDelete
  105. Boz Monza, salam kenal...
    klo mau pasang KF u/ mobil xenia kena brp yah???
    harga yg termurah aja..
    dg spesifikasinya simpel yaitu yg penting ga keliatan dr luar dan paling umum digunakan orang lah, dan yg ga terlalu gelap biar ga redup klo liat kluar...
    tlong diimel ke: datadynart@yahoo.co.id
    tx boz...

    ReplyDelete
  106. harga termurah? .. bila hanya mengacu pada harga dan dg kriteria VLT rendah (tidak terlihat dari luar) bisa pakai anti gores u/ 1 mobil full hanya 300-400rb, tapi bila pakai anti gores maka fungsi dari KF yg sesungguhnya (*sbg penolak panas) tidak memadai, hanya sebagai pewarna kaca mobil dan dlm waktu singkat (+/- 1thn) sudah pudar warnanya.

    ReplyDelete
  107. siang om monza..
    mau tanya, gw mau pasang KF solar guard buat mazda2, dengan warna hitam (depan, samping, belakang).
    yang recommended tipe apa ya?
    thx

    ReplyDelete
  108. Salam kenal,
    KF untuk sidekick drag one 2000 untuk seluruh kaca yang bagus specnya seperti apa y?
    Budget saya 1-1,5jt.
    Sama seperti boz2 diatas, hasil yg saya inginkan:
    1.Warna KF hitam solid(dpn-smpng-blkg).
    2.Privasi(dari luar tidak keliatan baik siang ato malam).
    3.Tidak silau,baik siang karna matahari dan malam karna lampu dari mobil lawan.
    4.Tetap dapat melihat keluar dengan jelas terutama pada malam hari.
    5.Spion samping dan belakang dapat tetep terlihat jelas dari dalam waktu mundur malam hari.
    6.Merk KF kalo bisa yg 1 merk,tp kalo beda merk lebih bagus tidak masalah.

    Japri ke email ane y..ftwn_its@yahoo.com

    tx.
    ferdi

    ReplyDelete
  109. @afa: u/ solargard warna hitam bisa pakai platinum black, tp warnanya tidak hitam solid krn ada reflect bronze.

    @ferdi: email sent.

    ReplyDelete
  110. Bos Monza bisa kasih saran. Ane lg bingung untuk milih kaca film depan. Merk apa yang TSER-nya paling tinggi dengan budget 500rb-an (sedan) tapi kalo bisa warnanya silver/hitam. Thx.

    ReplyDelete
  111. @R324: dg buget 500rb+an u/ kaca dpn, TSER rata2 seputar 50-56% saja, dan umumya berwarna silver reflective, spt 3M NH35, Evo CS35, solargard stainless 30, ... untuk detailnya silakan telpon 68836360, thx.

    ReplyDelete
  112. bos mau tanya, kalau Vkool 40 untuk kaca depan masih bisa? berapa harganya untuk Pajero sport Vk 40 depan dan samping, belakang VK VIP?

    ReplyDelete
  113. Bro Monza, terima pasang kaca film sparta tidak ya? untuk mobil avanza full body kena brp ya?

    thanks

    ReplyDelete
  114. @anonim: harga vkool u/ pajero sport, silakan hub: 68836360, thx.

    @anonim: Monza tidak menyediakan KF sparta dan anti gores, semua yg tersedia adalah KF branded yg mengutamakan fungsi KF.

    ReplyDelete
  115. Bos Monsa, klo avansa silver atau hitam cocoknya pake KF WARNA apa. Tanks..

    ReplyDelete
  116. Monza di bsd dimananya yah? dan buka sampe jam berapa?
    untuk mazda 2 HB, kira2 budget 1.5 jutaan dpt KF brand apa?

    ReplyDelete
  117. apa kace film merek CPF1 direkomendasikan? Sekelas dengan KF merek apa?

    ReplyDelete
  118. Om Monza mau tanya donk. Saya pemakai terios dengan kaca film depan masih standard pabrikan yaitu CPF ONE. Itu CPF ONE sebenarnya bagus atau tidak yah? Kaca film Huper Drei dan Crystalline 40 yang mengandung metal yang mana yah? Soalnya saya ada memakai GPS, takutnya kalau mengandung metal jadinya signal GPS kurang begitu bagus. Thanks. Sorry merepotkan Om Monza.

    ReplyDelete
  119. CPF1 lumayan performanya, dapat disanding dg KF medium level, setara dg spectrum solar control.

    Drei adalah KF metal sputtering sdgkan 3M Crystalline 40 KF non metal.

    ReplyDelete
  120. om Monza, saya mau ganti kaca film nih, rencananya antara drei, ato 3M untuk Xenia. pegen tau alternatifnya, maunya sih depan bening tapi tahan panas & samping hitam tapi masih enak kalo jalan malam.

    tapi sebelumnya saya mau tanya dulu nih, kalo kaca film standar xenia kegelapannya segimana ya?

    yang depan standar aslinya segimana, dan yang samping driver standarnya segimana, yang belakang juga standar aslinya segimana. biar saya ada bayangan seberapa gelap yang nanti saya pilih untuk dipasang. maklum pake kacamata, kalo terlalu gelap takut gelagapan saat malam hari.

    makasih ya om.

    ReplyDelete
  121. bos, diantara 3M CR70 dan NH35, mana yang lebih recommended untuk kaca depan? yang kira2 tidak terlalu gelap waktu malam. thanks!

    ReplyDelete
  122. @anonim: KF std xenia umumnya anti gores / sparta dg kegelapan 60% u/ kaca smpg blkg, sdgkan pd kaca dpn hanya poni saja.

    @Bayu: u/ kualitas tolak panas tentu lebih baik 3M Crystalline 70 dari pada NH35, baik dari spesifikasi IRR dan juga visibility saat malam hari.

    ReplyDelete
  123. maaf saya copy dr atas, Mobil Saya Avanza Silver. mo pasang KF seluruh kaca dari depan-samping belakang, dengan syarat/spesifikasi :
    1. harga tidak menjadi masalah
    2. campur-2 merek tidak masalah
    3. yang paling TOP utk menolak panas dari merek V-Cool & 3M.
    4. Spy terlihat Elegan & Privasi
    5. Spy dari dalam kabin terang melihat keluar pada malam hari / saat mundur ( terutama gelap gak tembus pandang dari luar pada siang hari )
    6. Tidak Panas juga tidak silau, apalagi saat di jalan Tol siang hari bolong / malam kena tembakan sinar mobil dari arah lawan.

    dari spek yg sy minta diatas tsb, kira jenis apa saja yg pas + harga detail keseluruhan

    Tolong di email kan ke dwiet_jpeg@yahoo.com
    terima kasih,
    -anto-

    ReplyDelete
  124. @anto: sudah di reply emailnya ya .. thx.

    ReplyDelete
  125. mas mau tanya klo untuk starlet kapsul mau pke full eclipse yg dpn E35 trz samping-blkg E05 total kna brp ya? trz klo pke full 3M yg dpn KS40 yg smpg-blkg BB5 total kna brp? harga dipasin ya mas hehe muraahhhh gt....tolong email ke prima.widi@yahoo.co.id ya mas.....thks :)

    ReplyDelete
  126. Boss monza..... Minta tlg bisikin harga buat kaca film eclipse yg speknya buat high privacy.... Mobil ane honda city... Mnt dikirimin detailnya ke email aja ya boss... R_DOLP@YAHOO.COM

    ReplyDelete
  127. halo bos, saya bolak balik ke BSD ternyata tokonya tutup. Bisikin harga yang paling ajiib bos, untuk starlet kotak ane. KF depan, samping , belakang. Budget 1-1.5 jt. Ke RBISMO@YAHOO.COM

    ReplyDelete
  128. Mungkin saat datang ke workshop BSD sedang tutup libur natal-thn baru, tp mulai tgl 3 Jan 2012 sudah buka spt biasa. pls check email bos.

    ReplyDelete
  129. pak mau tanya untuk KF kijang 2003 warna hitam mending merk n type apa ya? sy sih maunya full 3M BB5 + 3M CR70, kalau malam gmn pandangan kedepannya? makasih

    ReplyDelete
  130. @andre: 3M CR70 + BB5 bagus, untuk pandangan ke depan juga jernih krn CR70 adalah KF Clear.
    Opsi: Dg budget yg setara tp memberikan spec lebih baik bisa pertimbangkan KF Eclipse.

    Untuk harga2 silakan telp ke 68836360 / 9999 5600 (*jam kerja 09.00 - 17.00, senin-sabtu)

    ReplyDelete
  131. boz monza, mohon sarannya untuk avanza fulll (depan, samping,belakang)yang tahan panas, ga terlalu jelas dr luar tapi masih oke tuk perjalanan malam hari terutama tuk parkir mundur, ga silau juga sebaiknya spec kf nya seperti apa? karena saya (sista) dan sering keluar juga sama anak anak. waktu beli sih kata dealernya kf 60% tapi ga tau merk apa. sekalian kasih harga yang reasonable ya boz, tolong email ke bundazalref@gmail.com. thx a lot

    ReplyDelete
  132. Boz Monza, mobil saya Rush saya ingin pasang KF, dengan alternatif sbb :
    3M
    Dpn : CR40 SSB : BB20/RS20

    EVO
    Dpn : PS40 SSB : PS20

    ECLIPSE
    Dpn : E35 SSB : E15

    Kasih bisikan harga yang paling super dan juga sarannya. Tolong kirim email ke: harutanoto@yahoo.co.id. Thanks yah...

    ReplyDelete
  133. Bro Monza,
    mobil saya new avanza,mau pasang kaca film 3 M yang silver seperti cermin, spesifikasi saya :
    1. Kaca depan dari luar nggak bisa terlihat kedalam tapi kalau dari dalam jelas terutama malam hari, dan yang pasti daya tolak panas tertinggi

    2. Untuk samping dan belakang, dari dalam jelas melihat keluar, dari luar reflective seperti cermin (silver)

    Kalau saya pakai yang 60% depan belakang, apakah pada malam hari dari dalam masih bisa melihat keluar, terutama saat parkir. Rencananya saya mau pakai 80 % untuk samping supaya nggak panas juga dan buat privasi juga lah. Menurut Om, terlalu tinggi nggak % nya? Kira-kira aman dari polisi nggak ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  134. @harutanoto : email sent

    @anonim: KF 3M yg dimaksud tsb adalah type NH35 u/ kaca dpn dan RS u/ kaca belakang, silakan lihat specnya diatas pada kumpulan spesifikasi KF.

    kombinasi NH dan RS masih nyaman dan seharusnya tidak dipermasalahkan oleh polisi krn kegelapannya masih dlm taraf normal, bahkan bagi yg pasang KF high privacy sementara ini belum ada keluhan di stop polisi.

    ReplyDelete
  135. bro,tolong saran untuk KF mobil innova dark steel , depan dari luar ngak trlihat kedalam, tapi malam cukup terang dan tidak silau kena sinar lampu lawan, daya tolak panas tertinngi juga, samping belakang cukup gelap juga, budget 1,5jt-2 jt, prefer sih 3 M , thks,

    ReplyDelete
  136. @anonim: Innova dg budget 1.5-2jt plg mungkin pilihan KFnya adalah dpn dg type NH dan smpg blkg dg type BB.
    untuk harga tepatnya silakan telp 68836360

    ReplyDelete
  137. sore bro..
    Mobil gw honda all new jazz nih
    Budget 4-5 jt..
    Pengennya depan 40% samping dan belakang yg 80%
    tapi kalo bisa dari dalem ga terlalu gelep bro..
    rekomendasinya yang mana ya?

    ReplyDelete
  138. @anonim: Dengan Budget 4-5jt sangat beragam option yg dapat menjadi pilihan, silakan tlp 68836360 u/ konsultasi langsung

    ReplyDelete
  139. Met sore bos, mw tanya mobil All New Avanza type G itu udh ada KFnya dr dealer warna silver. Mereknya apa ya? Bagus ga sih? Soalnya kata istri saya saat tangannya kena sinar matahari di rasa masih panas
    Thx

    ReplyDelete
  140. @anonim: Kaca Film yg dipasangkan dari showroom/dealer pada mobil new avanza adalah type sparta, bisa berbagai merk, sparta adalah KF kelas "Low End", semua KF low end yg silver reflective disebut sparta, sparta sendiri ada kelasnya yg mengacu pada daya tahan umur pakai yg baik bisa dipakai smp sekitar 2thn (bukan performa) dan biasanya berjalan umur pakai akan pudar smp bening spt tidak pakai KF, performa KF sparta tidak memadai u/ dapat benar2 meredam panas, makanya masih terasa saat tangan kena sinar matahari yg masuk melalui dari kaca meskipun sudah ada Kaca Filmnya.

    ReplyDelete
  141. Pagi, sy punya beberapa pertanyaan buat bos Monza.
    mobil saya Avanza silver, mw pasang kf dengan alternatif sbb :

    3M
    Dpn: CR40, SSB: RS20

    ECLIPSE
    Dpn: E35, SSB:E35 atau SSB:E15

    Bisa tolong kirim email untuk harga nya ke: aditya.yudanto@yahoo.co.id
    Thanks :)

    ReplyDelete
  142. @Yuda: .. email segera dikirim ya... thx.

    ReplyDelete
  143. Monza, mobil ku Avanza baru warna dark steel, dengan kondisi mata suka blur/silau kalau malam (efek samping lasik mata), cocok gak aku pakai
    KF :
    Depan 3M CR40
    Samping Belakang Evolution PS10.
    Karena pulang pergi ngantor menatap matahari terus?
    Rekomendasi apa yang lainnya + harga ya ke ita_chantik@yahoo.com

    ReplyDelete
  144. Bro monza,

    mobil saya honda jazz, mo pasang KF alternatifnya antara ECLIPSE / 3M yang bagus dengan spesifikasi high privacy dan untuk kaca depan biar panasnya ga tembus

    Bisa minta tolong kirim ke email saya : heavyrappa@gmail.com, info perbandingan harga 2 KF itu & apakah bisa dipasang di rumah?

    Tks

    ReplyDelete
  145. mohon bantuannya untuk info harga KF Huper optic untuk mobil toyota vios 2007 dengan spec
    kaca depan : huper drei
    kaca samping+blk : huper cr5
    bisa dibantu email ke christhofel@hotmail.com dan christhofel@yahoo.com.

    Balas

    ReplyDelete
  146. Bos Monza, untuk avanza :

    Depan 3M CR40
    Samping Belakang Evolution PS10.

    Depan Evolution PS20
    Samping Belakang ECLIPSE E15

    lebih recomended mana? untuk malam hari apakah masih bisa jelas untuk lihat spion n parkir? tolong kirimkan harganya ke zx_necromancer@yahoo.com. Thanks

    ReplyDelete
  147. monza, mobilku all new avanza hitam, aku sering bepergian dengan 2 anakku yg msh kecil, pngn pasang KF dari depan sampe belakang, TSER nya yg tinggi biar aman buat anak2, merk boleh beda2, yg penting masih keliahatan jelas dari dalam untuk malam hari dan kaca spion juga msh terlihat jelas, juga untuk parkir mundur msh terlihat jelas. merk apa yg cocok dan kira2 harganya berapa ya. lisalonan@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  148. @heavyrappa@gmail.com
    @christhofel@yahoo.com
    @zx_necromancer@yahoo.com
    @lisalonan@yahoo.co.id

    Email sent, pls check... thx.

    ReplyDelete
  149. malam bos monza
    mobil saya kijang LGX

    mau bikin KF di kaca depan saja, bajet 500rb
    klo make yang gelapnya 60-80% dapet gk?

    apakah saya harus ganti lampu depan juga?
    merk dan spesifikasinya apa?

    thanks mas bro!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan dari kegelapan kaca film harga sebuah kaca film dibayar, tapi dari spesifikasi, semakin baik spesifikasi pasti ada harga yg harus dibayar.

      Untuk pemakaian kaca film dg kegelapan 60-80% (VLT 20%-5%) tidak di recommend u/ safety berkendara. Efek yg paling dirasakan plg utama adalah cahaya lampu utama (head lamp) terasa redup bahkan serasa tidak ada lampu saat berkendara malam.

      KF u/ kaca dpn (windshield) Kijang LGX dg budget 500% bisa didapatkan u/ merk dan type2 KF tertentu, silakan tlp 68836360 u/ konsutlasi dan bertanya2 harga secara langsung.

      Delete
  150. saya baca di blog ini jadi iri...tidak ada dealer di surabaya yang sehebat ini. mengerti dalam seluk beluk per-kacafilm-an dengan baik.
    mungkin om monza ada rekanan yang di rekomendasikan untuk surabaya? karena selama ini cuman bisanya masang..selepas itu ya sudah...
    thanks before..
    sukses selalu om monza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pujiannya.
      Monza bangga bisa menjadi pilihan dan referensi di dunia modifikasi otomontif :)

      Kami tidak ada referensi workshop di SBY, tapi kami yakin banyak yang berkompeten dan reliable dibidangnya.

      Delete
  151. mas monza, mohon bantuannya....
    mobil saya adalah All New Picanto.
    Kebetulan saya ada masalah kesehatan, yaitu saya sangat sensitif dengan ultraviolet dan panas matahari (saya menderita Lupus).
    Mohon rekomendasinya untuk jenis kaca film yang tepat.
    budget 2-3 juta, yang cocok pake merk apa ya... kalo kegelapan sih pengennya, depan 30%, samping dan belakang 80%.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rifal,
      Dengan kriteria yg dipaparkan maka KF yg tepat adalah Eclipse yg memiliki spec tinggi UV dan IRR 99% dan harga plg value for money.
      Dpn bisa pakai E35 dan samping belakang bisa pakai E15 atau E05.
      Untuk harga tepatnya silakan tlp 021-68836360 atau 9999 5600

      Delete
  152. Buka cab donk om monza di di sekitaran yogya , biar sebelum pasang ada penjelasan yg kita mengerti dan sesuai dngan budget maupun kegunaannya . Rencana ane mau pasang buat c*p*t*v warna hitam dngn kategori depan g keliatan dari luar malam nyaman buat luar kotaan belakang nyaman buat parkir malam . Pkai kf apa yg recomend harga tdk jdi masalah Matur suwun sukses selalu u otomotif indonesia monza best seller. Balas by l isoni@rocketmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas minatnya dg layanan Monza :)
      Sementara ini belum bisa buka cabang di Jogja, semoga nanti ada jalan bagi Monza untuk melebarkan sayap sampai ke Jogja :)

      Kriteria yg diminta adalah hal yg relatif krn tiap orang berbeda2 persepsi antara gelap dan terang sesuai dengan kebiasaan dan juga kemampuan mata.

      email segera dikirim, thx.

      Delete
  153. Mau tanya.
    Mobil Saya Hoda City 2008 i-Dsi.
    Kondisi sekarang sudah terpasang kaca film murah abal-abal.

    Saya berniat mengganti kaca film tersebut di Monza.

    Tapi sebelumnya saya ada sedikit pertanyaan.
    Saya pernah dengar, kalau membongkar kaca film belakang (Khususnya Honda City) akan menyebabkan rusaknya elemen pemanas kaca belakang (Yang Garis-garis itu?) dan menyebabkan tidak berfungsinya fitur pemanas kaca belakang. Apa betul begitu?
    Karna saya ingin mengganti kaca film full (Termasuk KF Belakang)tetapi tidak ingin kehilangan fitur pemanas kaca belakang bawaan mobil. Karna saya sering memanfaatkan fitur tersebut. Terutama ketika Pagi Hari ketika embun turun.
    Ditunggu penjelasannya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan detail tentang deffoger bisa baca di http://monza-autosport.blogspot.com/2010/10/resiko-terkikisnya-elemen-defogger.html

      Delete
  154. selamat pagi bos Monza,
    bisa tolong japri ke tiekow1234@yahoo.com untuk harga supply dan pasang kf eclipse yang cocok untuk kia new rio warna putih, saya gak suka yg terlalu gelap, sedeng sedeng aja mungkin 60 % an. lokasi bekasi barat dkt mall metropolitan.
    terimakasih.
    eko

    ReplyDelete
  155. Monza,
    mobil saya vios.

    Minta saran KF yg oke dengan budget max 1,5 jt. Kaca depan sedikit gelap saja, VLT sekitar 30-45% (supaya ga banyak laki2 iseng yg lirik :)). samping depan 30, dan samping belakang dan belakang 10-20. merk apa, dan harganya brapa? balas ya monza.

    sitha_zanna@yahoo.com

    ReplyDelete
  156. Bos, kalo kf untuk kaca depan yg warnanya kehijauan tapi ngga pake komponen metal (seperti huper drei) apa yah? Saya pake gps sehari2 soalnya.
    Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kehijauan non metal, bisa pakai huper optic ceramic 70, Eclipse E65, 3M Crystalline 70

      Delete
  157. boz monza,

    mohon beberapa alternatif paket KF yang ok plus harganya biar kelihatan gelap dari luar tapi tetap terang dari dalam baik untuk kondisi siang dan malam.

    jadi kalo parkir pas kondisi malem tidak perlu buka kaca, coz buat driver cewe.

    untuk mobil terios ya boz.

    mohon jawab via email ke:

    arifinsahmad@gmail.com

    many thank's

    ReplyDelete
  158. Gw jadi tertarik nih.
    Harga KF full windows untuk Avanza:
    Depan: Eclipse E35
    Samping + belakang: Eclipse E15
    Sekalian juga berapa biaya-nya kalau pakai merk Evolutions:
    Depan: PS40
    Samping + belakang: PS10
    Lagi nimbang-nimbang pakai Eclipse atau Evolutions

    Boleh reply di sini atau email ke:
    toni.gunawan1480@yahoo.com

    Thx

    ReplyDelete
  159. Bos Monza,

    Mohon pencerahannya. Mobil saya Grand Livina. KF bawaan solarguard dengan tingkat kegelapan 60%. Tapi tak ada logo solarguard, hanya ter-print "solar guard 100% made in USA". Kayanya panas masih masuk dan tangan saya (dari pergelangan sampai jari)jadi lebih gelap. Apakah KF ini asli...? Saya mau ganti KF depan saja mohon sarannya..budget 1-2 jt. silahkan di reply ke brakhmad@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KF yang terpasang dari dealer itu asli SG tp bukan versi aftermarket, itu versi OEM yg biasa u/ dealer2 mobil.

      email segera di kirim

      Delete
  160. Bro Chris,
    Di kota Makassar, ada gak agen resmi Eclipse?
    Rencana mau pakai KF merk ini, spek & garansinya menggoda.
    Cuman kalau gak ada agen resminya sama saja. Tidak bisa claim seandainya ada defect produk atau pemasangan.
    Tolong dibantu infonya ya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara ini belum ada agen resmi KF Eclipse di makasar.
      KF bisa kita kirimkan dari jakarta, masalah defect product tetap berlaku u/ claim warranty, tapi cacat/rusak krn pasang di installer.

      Note: Sampai sekarang ini tidak ada masalah cacat produk kaca film Eclipse, kualitasnya bagus.

      Delete
  161. bos, saya mau pasang kaca film untuk all new picanto, dengan rencana ada beberapa opsi:
    1. kaca depan v kool 40, samping belakang perfection zircon 60 (berapa harganya?)
    2. kaca depan v kool 40, samping belakang v kool juga tapi belum paham jenisnya, apakah v kool vip atau yg lain (berapa harganya?)
    3. kaca depan v kool 40, samping belakang 3M BB 60 (berapa harganya)
    4. apakah ada masukan dari bos chris?
    mohon di reply di a_prawono@yahoo.com
    thanks

    ReplyDelete
  162. bos monza,
    punya pengalaman klo KF depan pake VLT 35-40% berarti kan kegelapan kaca film 30-40% seperti bro jelaskan diatas.Apakah klo malam hari bisa melihat jelas dengan lampu depan masih standar?
    Rencana pengen pasang KF depan, tapi khawatir pandangan depan klo malam hari jai berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KF dg VLT 35-40% buat mata yg masih normal tidak akan mengalami masalah yang berarti u/ pandangan saat malam hari dengan lampu standard dan kondisi hujan sekalipun, TAPI kualitas KF juga mempengaruhi meskipun sama2 memiliki VLT 35-40% u/ kualitas KF yg rendah bisa terlihat buram, untuk yg berkualitas tinggi dg vlt yang sama sangat jernih (hi-clarity).
      Sangat disarankan untuk memakai KF berkualitas tinggi buat winshield krn sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara

      Delete
  163. Permisi mau bertanya :)

    Untuk yang kaca film bagian depan kira2 jenis dibawah ini apakah
    a. masih terang kalau dilihat waktu malam?
    b. dan pada saat siang apakah tidak keliatan dari luar?
    c. Sinyal GPS apa berjalan baik?

    Tolong berikan harga dan urutan pilihan bos monza dari atas sampai bawah sesuai dengan pertanyaan diatas.
    Kaca depan : (dari beberapa tabel diatas jenis ini yang VLT dan TSERnya bagus menurut saya, CMIIW)
    1. Huper optik - Select Drei
    2. Huper optik - Ceramic 30
    3. Eclipse - E35
    4. 3M - CR40

    Kemudian untuk kaca samping dan belakang reflective yang jenisnya VLT dan TSERnya bagus yang apa ya? (warna mobil Titanium Silver)
    mungkin bisa diberikan 2 pilihan harga atas dan harga bawah, merk yg berkualitas. :D

    Terimakasih :)
    replynya bisa ke --> resiputra92@gmail.com

    ReplyDelete
  164. Pak Chris, saya ingin melapis KF standard Toyota Rush dengan 3M Crystaline. Sebelumnya Monza pernah melapis KF (Solar Guard) Honda Jazz saya dengan 3M Crystaline dengan hasil yang amat memuaskan, jadi tampil dengan eksekutif banget. Tapi saya tidak tahu VLT berapa yang dipasang di Jazz.
    Mohon dibalas pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo P' Wira,
      Terima kasih atas kepercayaan kepada Monza :)

      Kami tidak ingat KF apa yg terpasang pada jazznya.
      Agar tidak salah persepsi sebaiknya datang ke workshop MGK (Mall MGK lt.6 Blok D3 No. 5) u/ dilihat langsung contoh2 KFnya shg tidak salah.

      Delete
  165. Bos Monza,
    Saya ingin pasang buat veloz AT saya perfection dark crystal smping belakang dan Ni 40 buat depan. Mohon perhitungan biaya dan detail IRR, TSER, VLT, dll utk KF tersebut.
    Mohon balas ke email saya sembodo.antonius@yahoo.com
    Thanks

    ReplyDelete
  166. selamat pagi Monza Autosport

    mau tanya klo untuk daerah cirebon pemasangan kaca film apa ada cabangnya?soalnya klo harus kejakarta terlalu jauh...dan mungkin jika belum ada,apakahn ada recomended rekanan untuk di kota cirebon terima kasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monza belum ada cabang maupun rekanan di Cirebon, maaf kami tidak dapat memberikan rekomendasi.

      Delete
  167. Bos Monza, mau nanya satu aja, ada nggak v-kool (sebab sepertinya ini yg paling teratas di seluruh merk kaca film, dan aman, betul nggak sih?) yg dari luar sifatnya reflective (mirror type, kayak spectrum)..? kalo ada namanya apa? Berani tdk pasang itu utk kaca depan dgn yg level 60%? Mksh bnyk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. vkool teratas dalam hal apa?
      kalau harga benar krn memang slogan vkool adalah "the most expensive window films in the world".
      Kalau dari spec tinggal dibanding2 dari seluruh spec, tapi memang semua type KF vkool memiliki spec yg baik, tapi bukan berarti merk lain tidak ada yg bisa menyaingi dengan hrg lebih baik :)

      vkool tidak ada yg silver reflective.
      berani pasang, tentu berani saja, .. yg justru ditanyakan apakah pengemudi berani menggunakan KF kegelapan 60% (VLT 20-23%), krn saat malam cahaya lampu utama dari dalam mobil serasa redup.

      Delete
    2. Mksh bnyk tanggapannya.. i appreciate it..
      Kalo begitu, mnrt bos apa rekomendasinya, yg saya inginkan KF yg silver reflective utk kaca depan (karena mnrt saya ini yg paling baik agar dari luar sulit melihat isi mobil/pengendaranya, daripada yg warna hitam - dengan kegelapan yg sama (40%), betul tidak?).. tp spec yg paling baik dlm menahan panas, yah kira2 diatas Spectrum.. (saya baru tahunya cm Spectrum aja yg punya silver reflective..) Apa ada merk lain yg mgkn sekelas V-kool (specnya) & bersifat mirror type.. sekali lagi, trm ksh ya bos..

      Delete
    3. ada banyak opsi KF silver reflective.
      jawaban dari pertanyaan ada pada list artikel ini, tinggal pilih VLT 30-35% dg TSER yg plg besar, juga jelas ada keterangan warna silver reflective.

      Delete
  168. Pak Chris, setelah masang jok mobil di Monza KG :) sekarang mau pasang KF buat avanza, untuk pilihannya
    3M Depan (D)CR 40, Samping dan Belakang (SB) BB 20. Eclipse (D) E65/E35, (SB) E15. Evolution (D) PS 40, (SB) PS 10.
    mohon rekomendasi dan harganya di email igan_sucita@yahoo.com. Terima Kasih

    ReplyDelete
  169. Hi bro monza, mbl sy livina, mau pasang kaca film utk kaca depan doang (samping udah pake solar gard bawaan nissan). Setelah browsing2, ada bbrp pilihan brand: perfection, perfect gard dan 3M. Pertimbangan utama adalah daya tolak panas yang tinggi, visibilitas (terutama di malam hari). Mohon pencerahannya ya :).

    Thanks heaps.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk daya tolak panas tinggi pilih spec TSER yg besar, semakin besar tinggi TSER semakin baik tolak panasnya.
      untuk visibilitas .. pilih VLT yg plg besar (semakin besar semakin clear).

      Delete
  170. Hi bro monza, untuk reply-nya, tolong dikirim ke edwin_prajogo@yahoo.com ya, thanks heaps

    ReplyDelete
  171. bozz saya mau pasang kf dengan budged 2-3 jt mobil sx4, klo bisa yg warna hitam bagusnya pake apa? klo masterpiece kira2 bgs apa ngak? mohon pencerahannya,,,,
    tolong di bls ke nsazili82@yahoo.com
    thanks boz,,,, sukses slalu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. email segera dikirim, thx, sukses selalu untuk anda juga

      Delete