About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

21 February 2012

Apa itu TSER dan mengapa memegang peranan penting dalam Spesifikasi Kaca Film

Melanjutkan pembahasan tentang Spesifikasi Penting pada Kaca Film, kali ini akan dibahas lebih detail tentang Spesifikasi TSER pada kaca film.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa TSER (Total Solar Energy Rejected) adalah persentase total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. 


TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable terbesar didalam TSER.
TSER tidak dapat mudah di ukur, harus melalui test lab untuk spec TSER yg valid, acuan pengukuran TSER terdiri dari beberapa variable yang secara logic dapat di telaah apakah spec yg dipaparkan logic atau tidak.
TSER secara umum adalah akumulasi bbrp variabel terdiri dari:
IRR = 50%
VLT = 40% 
UVR = 3%
Variabel lain = 7% (spt: bahan dasar, teknologi, proses pembuatan, etc)

Variabel VLT sebesar 40% pada TSER adalah tetap sesuai dengan kegelapan Kaca Film, bila %VLT sama maka dapat diasumsikan sumbangan terhadap %TSER adalah sama. (note: semakin besar %VLT maka sumbangan terhadap %TSER semakin kecil)
Sedangkan %TSER dari UVR sebesar 3% sudah umum krn semua Kaca Film Branded umumnya memiliki spec UVR 98-99.9%.

Dengan demikian yang memegang peranan besar dalam TSER adalah spec IRR dan Other Var.
IRR dapat dengan mudah diukur dengan alat digital transmittion meter 3M dg wavelength 900-1000nm tapi tidak dapat mewakili sebagai ukuran IRR yang valid sesuai dengan NIR (Near Infra-red Spectrum) dg wavelength 780-2500nm. (Baca: Fakta Pengujian Infra-Red Rejection yang di Manipulasi).

Semakin besar %IRR maka sumbangan terhadap %TSER semakin besar, maka dengan demikian dapat ditelaah apakah spesifikasi TSER yg diclaim/dipaparkan masuk akal atau tidak, jangan sampai anda di kelabui oleh spesifikasi yang diclaim oleh sebuah merk kaca film, maka bijaklah dalam menerima informasi spesifikasi kaca film.

Ukuran tolak panas kaca film bukanlah Infra-red Rejection, tetap yang paling benar adalah mengacu pada spesifikasi TSER (Total Solar Energy Rejected)

Spesifikasi TSER yang valid adalah TSER yang di claim berdasarkan HASIL TEST LAB lembaga pengujian internasional yang credibleBukan TSER claim pabrikan apalagi hanya claim pemegang merk tanpa dasar hasil test lab.

LLUMINOX merupakan salah satu merk kaca film yang menyajikan spesifikasi TSER di websitenya (www.lluminox.com) berdasarkan hasil test lab internasional terkemuka, ATLAS-MTS, U.S.A

Kaca film LLUMINOX tersedia di Monza Autosport!

Bagi yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut u/ memilih kaca film, jangan sungkan menghubungi Monza Autosport


CONTACT US
(CLICK)

[Chris ~ Monza Autosport]

2 comments:

  1. bos, mohon info diantara: KF spectrum,solarG,perfection, 3M,jonson mana yg paling murah harganya dan berapa harganya untuk dipasang di grandmax.
    kaca depan 20%, samping-belakang 60%.

    saat ini masih menggunakan KF OEM.

    terimakasih sebelumnya.

    tama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling murah? sebenarnya tergantung spesifikasi kalau spesifikasi lebih rendah tentu lebih murah. Pada merk2 KF yg dipaparkan tersebut ada type2 yg harganya setara.
      untuk detail harga2 silakan telp ke 021-68836360 / 9999 5600

      Delete