MITOS SALAH KAPRAH
BBM oktan tinggi = tambah tenaga???
RON BBM yg digunakan harus sesuai dg kompresi mesin, pasokan bensin oktan tinggi bisa berujung mesin malah ngelitik akibat terlalu panas! Jadi ngelitik (knocking) bukan saja krn RON yg rendah... tp RON yg terlampau tinggi jauh diatas kebutuhan mesin pun menyebabkan knocking yg hasilnya power loss.
Makanya harus perhatikan dan cermati kompresi mesin dan pakai bensin dg RON yg sesuai, krn disitulah power mesin yg sebenarnya tersembunyi.
Rasio Kompresi / Angka oktan / Jenis Bensin
7:1 - 9:1 / RON 88 / Premium
9:1 - 10:1 / RON 92 / Pertamax
10:1 - 11:1 / RON 95 / Pertamax Plus
Jadi kalo pakai premium (RON 88) dg additif u/ peningkat RON maka pastikan tidak berlebihan terlampau jauh dari RON yg dibutuhkan mesin, krn hal tsb pemborosan dan menyebabkan performa menjadi tidak maximal dan berujung ngelitik/knocking shg terjadi power loss.
[Chris ~ Monza Autosport]
7:1 - 9:1 / RON 88 / Premium
9:1 - 10:1 / RON 92 / Pertamax
10:1 - 11:1 / RON 95 / Pertamax Plus
Jadi kalo pakai premium (RON 88) dg additif u/ peningkat RON maka pastikan tidak berlebihan terlampau jauh dari RON yg dibutuhkan mesin, krn hal tsb pemborosan dan menyebabkan performa menjadi tidak maximal dan berujung ngelitik/knocking shg terjadi power loss.
[Chris ~ Monza Autosport]
Mantap bro CJ atas ulasannya.sangat bermanfaat.
ReplyDeleteThank's anyway..
Our pleasure Om Umar.
DeleteSenang bila bisa bermanfaat :)