About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

18 May 2015

Lapisan Cat Mobil dan Cara Merawatnya

Cat pada mobil merupakan unsur utama yang membuat mobil terlihat bagus. Warna cat mobil yang kotor/kusam juga akan membuat mobil tidak terlihat menarik, meskipun mobil tersebut harga miliaran rupiah.
Menjaga penampilan mobil Anda tetap menarik tentu merupakan suatu kewajiban. Selain mobil Anda jadi enak dipandang, mobil dengan tampilan yang menarik tentu akan membuat nilai jualnya tetap tinggi. Hal pertama yang otomatis dilihat dari sebuah mobil tentu eksteriornya, lebih tepatnya adalah cat mobilnya.



Lapisan Cat Mobil

Sebuah mobil yang baru keluar pabrik pasti menggunakan lapisan cat yang OEM, alias Original Equipment Manufacture. Lapisan cat OEM tersebut terdiri dari:

- Lapisan primer (electro deposition/ED). 
Lapisan primer merupakan lapisan dasar yang berada di lapisan paling bawah cat. Fungsi lapisan primer ini adalah sebagai perekat antara bodi mobil yang terbuat dari besi dengan lapisan cat surface. Selain itu, lapisan primer ini juga berfungsi untuk mencegah karat pada bodi kendaraan.

- Lapisan surface. 
Lapisan ini berfungsi untuk lebih meningkatkan daya rekat antara lapisan primer dengan lapisan top coat atau cat yang sesungguhnya. Fungsi lain lapisan surface ini adalah untuk menghaluskan permukaan dan mencegah penyerapan lapisan top coat.

- Lapisan top coat. 
Ini adalah lapisan cat warna yang tampak oleh orang-orang. Ketebalan lapisan top coat berbeda-beda, tergantung dari warna cat kendaraan. 

- Lapisan clear coat/vernish.
Ini adalah lapisan cat yang paling luar. Fungsi lapisan clear coat adalah untuk memberi daya tutup dan memberikan efek berkilau, serta membuat tahan terhadap cuaca.




Cara Merawat Cat Mobil

Jika cat pada mobil tidak dirawat dengan benar, salah satunya yang termudah adalah dengan mencucinya, tentu warna cat tersebut akan cepat pudar dan kusam, dengan demikian mobil Anda pun jadi tidak sedap dipandang. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat cat kendaraan Anda.

- Jika terdapat goresan halus pada cat mobil, Anda dapat mengurangi atau menghilangkannya dengan memoles bagian tersebut menggunakan compound dan polisher (alat pemoles permukaan cat). Anda harus memerhatikan cara pemakaian, alat, kemampuan, dan jenis compound yang digunakan untuk memberikan hasil yang maksimal.

- Jika terdapat goresan yang cukup besar atau kasar, lebih disarankan agar Anda melakukan perbaikan ke bengkel pengecatan bodi mobil.

- Jika ada debu atau kotoran halus yang menempel di permukaan mobil, gunakan kemoceng yang lembut dan bersih untuk membersihkan kotoran tersebut. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber.

- Apabila terdapat kotoran yang tebal dan melekat, seperti kotoran burung, getah, atau bangkai serangga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiramnya dengan air, lalu keringkan dengan kain microfiber. Anda tidak boleh menekan terlalu kuat ketika membersihkannya agar tidak menimbulkan goresan pada cat mobil.

- Anda harus membedakan kain atau lap untuk membersihkan lapisan cat mobil dengan kain atau lap untuk membersihkan interior mobil maupun bagian bawah mobil.

- Parkir di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, bila tidak ada maka gunakan cover mobil untuk menghindari terpaan sinar matahari secara langsung, karena UV sinar matahari secara terus menerus terakumulasi membuat warna cat mobil menjadi kusam dan rusak.

- Gunakan wax secara rutin secara periodik (1-2x sebulan) sebagai cairan pelapis atau pelindung permukaan cat.


7 Hal yang harus dihindari karena dapat merusak cat mobil tanpa disadari.




Anda tentu sudah mengetahui bahwa menyerempet tembok, mobil dijemur di panas matahari, maupun disenggol motor dapat membuat cat mobil Anda menjadi rusak. Namun, selain hal-hal tersebut, ada juga hal lain tanpa Anda sadari dapat membuat cat mobil Anda menjadi rusak.

1. Abu hasil bakaran

Anda tentu tidak pernah menyangka jika abu yang beterbangan akibat pembakaran sampah dapat merusak cat mobil Anda. Ya, abu hasil bakaran yang basah akan menciptakan asam basa yang dapat merusak cat mobil Anda, karena itu jangan sembarangan membersihkan abu yang menempel di badan mobil dengan cara menyemprotkan air.
Abu putih dapat dibersihkan dengan mudah, yakni menggunakan angin atau jalankan saja mobil Anda hingga abunya beterbangan. Lalu, sisanya baru dibersihkan dengan lap. Sementara itu, abu hitam justru sebaliknya, yakni menggunakan air lalu dikeringkan secara menyeluruh, dan diberi wax khusus cat mobil.

2. Getah

Anda tidak akan pernah tahu kapan mobil Anda terkena getah, mungkin dari buah atau dari getah yang menetes ke mobil ketika sedang diparkir di bawah pohon. Walau terlihat sepele, ternyata getah juga dapat merusak cat mobil.
Gunakan pembersih lem atau pembersih cairan lengket untuk membersihkan getah yang menempel. Setelah itu, gunakan cairan pelindung cat.

3. Bensin

Bensin ternyata juga dapat merusak cat mobil Anda. Karena itu, jangan pernah mengisi bensin hingga benar-benar penuh dan berceceran ke bodi mobil Anda. Jika bensin yang menempel pada bodi mobil dibiarkan begitu saja untuk waktu yang cukup lama, akan tercipta noda yang mungkin akan sulit dihilangkan.
Karena itu, ketika bensin tumpah dan mengenai bodi mobil Anda, segera bersihkan dengan cairan pembersih cat mobil dan kain microfiber.

4. Menulis di debu

Anda terkadang suka iseng jika melihat ada mobil yang dilapisi debu tebal dan menulis menggunakan jari Anda. Hal itu memang sepele, tapi ternyata dapat menimbulkan goresan pada cat mobil Anda.
Untuk mencegah hal itu terjadi, salah satu cara terbaiknya tentu dengan menjaga agar mobil Anda selalu bersih. Atau, jika memang sudah telanjur terjadi, Anda bisa menggunakan penghilang goresan atau polish untuk menghilangkan goresan kecil.

5. Kopi atau soda

Tumpahan kopi atau soda tidak hanya membuat pakaian dan kulit jok mobil Anda rusak, tapi ternyata juga dapat merusak cat mobil Anda, sebab kopi dan soda mengandung asam yang dapat merusak cat mobil. Karena itu, begitu mobil terkena tumpahan kopi atau soda, segeralah bersihkan nodanya dengan air biasa.
Jika mendiamkan hingga kering, hal itu bisa merusak cat mobil Anda dan sulit dihilangkan.

6. Alat cuci mobil

Ketika Anda mencuci mobil sendiri, Anda tidak sadar bahwa hal tersebut juga dapat merusak cat mobil, yakni melalui alat cuci mobil Anda seperti kanebo atau kain lap. Anda mungkin tidak sadar ketika kanebo atau lap jatuh ke tanah bahwa kotoran akan menempel di kanebo dan akan menggores cat mobil ketika kanebo digunakan.
Tak hanya kotoran dari tanah, tapi kotoran dari air kotor yang digunakan untuk mencelupkan kanebo juga dapat merusak cat mobil. Karena itu, celupkan ke air bersih terlebih dahulu kanebo atau kain jika terjauh ke tanah.

7. Kotoran burung

Kotoran burung tidak hanya tidak sedap dipandang, tapi ternyata juga dapat merusak cat mobil Anda. Lihatlah patung atau genting rumah yang sering terkena kotoran burung, akan terlihat noda yang tidak pernah hilang walaupun sering terkena hujan.
Burung juga memakan pasir dan makanan yang agak kasar sehingga kotoran burung dapat membuat lecet mobil. Solusi untuk hal tersebut adalah dengan segera membersihkan kotoran burung yang menempel.
Gunakan kain microfiber untuk membersihkannya, dan gunakan teknik mengangkat, bukan menggosoknya, agar cat mobil tidak tergores.

Lebih mudah merawat cat mobil dari awal secara rutin dari pada mengatasi/memperbaiki yang sudah terlanjur rusak.

No comments:

Post a Comment