About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

01 August 2014

Beda Mobil, Beda Kemampuan Tolak Panas Kaca Film.

Realita tentang kaca mobil, memakai kaca film dengan merk dan type yang sama tapi hasil yang dirasakan berbeda pada mobil yang berbeda.
Kenapa bisa berbeda padahal pakai kaca film yang sama?

1. Beda luas permukaan kaca, ketebalan kaca dan kelandaian kaca, mempengaruhi tolak panas yang dirasakan dari sebuah kaca film.

2. Satu merk mobil tapi beda type mobil, maka beda kemampuan tolak panas yang dirasakan dari sebuah kaca film, karena selain dipengaruhi point (1) diatas, terutama pada kaca depan (windshield), dapat dilihat marking "lamisafe" atau "laminated" yang artinya ada interlayer yang diapit dua layer kaca, yang bertujuan utama untuk safety agar saat terjadi benturan dan kaca pecah tidak membahayakan pengemudi/penumpang yang berada didalam mobil.


Meskipun sama-sama terbuat dari kaca, yang membedakan adalah kualitas dari interlayer tersebut, ada yang hanya untuk faktor "Safety", tapi ada juga layer yang memiliki spesifikasi VLT bahkan IRR untuk faktor "Comfort".
Bahkan untuk merk dan type mobil yang samapun bila beda batch produksi (beda supplier) bisa beda kualitas interlayer yang digunakan.


3. Beda merk mobil, selain di pengaruhi point (1) dan (2) yg dijelaskan diatas, umumnya pada mobil brand eropa (khususnya standard assembly eropa), pada layer kaca terdapat coating, kualitas coating berbeda-beda peruntukan dan spesifikasi, ada coating yang bisa membantu mengurangi panas yang masuk.

Selain realita tentang kaca, dibawah ini pengaruh soal beda tingkat panas dalam kabin saat diparkir terjemur karena beda mobilnya.
1. Warna cat mobil, warna gelap lebih menyerap panas dan lebih lama melepas panas.
2. Warna interior, sama halnya sept warna cat mobil.
3. Bahan interior, ada bahan tertentu yang menyerap panas dan lama melepas sehingga efek ruang sauna lebih cepat terjadi.
4. Peredaman standard pabrikan mobil, peredaman yang baik terutama pada plafon bisa membantu meredam panas yang masuk dari plafon yang merupakan bidang penyumbang panas dalam kabin terbesar.
Standard peredam body pabrikan mobil tidak sama satu dengan lainnya, satu merk beda type belum tentu sama kaulitas peredamannya (contoh: crv dan jazz) apalagi beda merk.
5. Ruang kabin mobil, semakin besar ruang kabin semakin lama efek ruang sauna terbentuk, begitu pula berlaku sebaliknya.

(CLICK)

[Chris - Monza Autosport]

1 comment:

  1. Terima kasih untuk sharing tips menolak panas dengan kaca filmnya, sangat bermanfaat dan sukses selalu !

    ReplyDelete