About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

30 April 2015

Cara Mengusir Tikus Penghuni Ruang Mesin Mobil

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang banyak tikusnya, atau lingkungan di sekitar rumah Anda banyak tikus berkeliaran, ada kemungkinan tikus-tikus tersebut akan bersarang di rumah Anda, atau di dalam mobil—terutama di bagian mesin—karena tikus menyukai tempat-tempat yang gelap.


Apalagi jika mobil Anda jarang dihidupkan, maka mobil Anda menjadi tempat tinggal yang tepat bagi tikus. Namun, jangan anggap remeh keberadaan tikus tersebut. Kerusakan yang ditimbulkan oleh tikus bisa berakibat fatal bagi mesin mobil.



Seperti diketahui, tikus memiliki kebiasaan menggerogoti kabel. Karena itu, bila hal tersebut terjadi pada kabel yang ada di area mesin mobil, tentu saja salah satu komponen pada mobil tidak akan bekerja normal. Tak hanya karena menggerogoti kabel, tapi kotoran atau bekas makanan tikus yang terselip di antara komponen mobil yang canggih juga dapat merusak mobil.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan mobil akibat ulah tikus yang bersarang di balik kap mobil Anda, berikut ini kami berikan tips ampuh untuk mengusir dan mencegah tikus bersarang di mobil Anda.

1. Membuka kap mobil
Tikus sangat menyukai tempat atau area yang gelap untuk bersarang. Salah satu cara untuk mencegah tikus bersarang di bagian mesin mobil adalah dengan membuka kap mobil pada malam hari. Hal tersebut mungkin cukup berhasil, tapi tidak praktis.

2. Tutup lubang persembunyian tikus
Cara terbaik untuk mencegah tikus bersarang di mobil Anda tentu dengan mencegah tikus memiliki akses ke sekitar mobil Anda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menutup lubang persembunyian maupun lubang tempat tikus masuk ke area garasi mobil Anda.

3. Bersihkan makanan kucing atau anjing
Makanan kucing dan anjing merupakan alasan utama tikus “mengunjungi” rumah Anda. Tikus tentunya tidak akan memakan langsung dari tempatnya, tapi membawa makanan ke area yang aman dan menumpuknya di sana, salah satunya bisa jadi di dalam mobil.
Karena itu, agar tikus tidak tertarik masuk ke rumah Anda, bersihkan bekas makanan kucing atau anjing dan simpan dengan rapi.

4. Buat area mesin menjadi bau
Tikus tidak suka dengan bau-bau tertentu. Karena itu, buatlah area mesin dan area yang sering dilewati menjadi bau yang tidak disukai tikus, seperti bau peppermint, rambut kucing, rambut anjing, dan sebagainya. Anda bisa membeli penyemprot bau yang tidak disukai tikus di toko pembasmi hama.

5. Menggunakan Alat Pengusir Tikus
Alat pengusir tikus yang mengeluarkan suara frekuensi tertentu yang tidak terdengar manusia tapi ampuh untuk mengusir tikus karena suara tersebut tidak disukai tikus dan membuat tikus menjauh dalam radius alat tersebut terpasang.

6. Menggunakan perangkap tikus
Cara terakhir yang cukup ampuh adalah menggunakan perangkap tikus, walaupun tidak cukup praktis. Letakkan perangkap tikus di akses masuk tikus ke area garasi serta di sekitar ban mobil, yakni tempat tikus memanjat ke dalam mesin.


No comments:

Post a Comment