Ada yang 10w40, 5w30, dst dan juga API grade (SL, SM, dll). Apa sih artinya?
Semua itu berkaitan dengan Viskositas (Vicsocity)
Viskositas (viscocity) adalah daya tahan cairan untuk mengalir. Dalam urusan pelumas viskositas sangat penting krn berpengaruh pada kemampuan oli mengurangi gesekan dan mentransfer panas.
Viskositas diukur dalam mPa (millipascal-second)/ cst (centistokes), tapi dalam keseharian kita gunakan grade viskositas yang di tentukan dg SAE (Society of Automotive Engineers)
10w40, apa artinya?
10w itu winter viscosity, yang artinya oli mencapai maksimum viskositas dlm suhu rendah 0°C, semakin rendah angka w semakin baik oil cold temperature/cold start performance.
40 adalah operating temperature viscocity, artinya oli harus dalam rentang limit viskositas pd suhu 100°C. SAE 40 akan mencapai 14cst pada suhu 100°C.
Baik 10w40, 5w40, 15w40, semua akan mencapai viskositas 14cst pada suhu 100°C.
Semakin rendah angka (yg tanpa w) maka semakin encer oli pada suhu 100°C
Untuk negara tropis spt indo lebih diperhatikan angka yg tanpa w krn tidak pernah winter :)
Bila pabrikan mobil rekomen SAE 30 pasti sudah pertimbangkan semuanya agar sesuai dg spesifikasi pelumas/oli yang dibutuhkan oleh mesin saat mencapai operating temp mesin, mesin modern umumnya mencapai 90-105°C untuk operating temperatur mesin.
Bila di rekomen pakai 5w30, Apakah 10w40 dpt digunakan?
Tentu saja bisa, bila memang terpaksa krn kelangkaan spec oli 5w30.
Secara pribadi saya rasakan untuk mesin yg direkomen pakai oli 5w30 kalau pakai 10w40 mesin terasa lebih berat kinerjanya, kalau 10w30 hampir tidak dirasakan perbedaan dg menggunakan 5w30.
Trus apa itu API Service?
API = American Petroleum Institute.
Spesifikasi API penting krn meng-indikasikan performa dari oli tersebut apakah sesuai dengan standard test formulasi tertentu. Tentunya yang terkini yang lebih baik.
API terbagi dua, S = Petrol dan C = Diesel
Bagaimana dengan api SN apakah lbh baik drpd api SM??? Contoh olie API SN : OLIE Honda e-pro blue....
ReplyDeleteAPI SN diperkenalkan oktober 2010, dg spesifikasi lebih tinggi dibanding API SM, dimana salah satunya API SN sudah mendukung turbocharge protection.
DeleteUmumnya Oli dg API SN lebih mahal dibanding dg API SM, untuk pemakaian oli mana yang cocok untuk mobil anda dapat dilihat kembali ke standard rekomendasi pabrikan mobil (ada dalam buku manual kendaraan)
Detail perbandingan API SN dan SM dapat dilihat di http://www.oilspecifications.org/articles/api-sn.php