About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

07 September 2013

Bebaskan mobil dari Jamur Kaca

Punya masalah dengan water-spot (kerak air) atau sering disebut dg istilah "jamur kaca" pada kaca mobil?
Mobil kamu tidak sendirian bermasalah dengan "jamur kaca", banyak mobil yang alami hal tersebut.
Jamur kaca / kerak air terjadi karena air yang mengering terkena matahari saat mencuci mobil atau setelah kehujanan, dengan proses akumumulasi kerak air menumpuk dan menebal.
Kerak air yang menumpuk dan tebal sangat menggangu pandangan saat berkendara terutama pada kaca depan dan lebih parahnya saat hujan akan membuat pandangan lebih buruk dimana sapuan karet wiper tidak akan dapat membantu membuat kaca bersih untuk melihat dg jelas. Selain itu sudah pasti mengurangi estetika mobil dengan kaca yang kusam karena jamur kaca.

Merawat / Menjaga kaca untuk bebas dari jamur
Pepatah "lebih baik menjaga dari pada mengobati" berlaku untuk masalah jamur kaca ini.
Merawat kaca mobil untuk terhindar dari jamur kaca / kerak air sebenarnya sangat mudah dilakukan sedini mungkin ketika mobil baru terima dari dealer (diasumsikan kaca bersih tanpa kerak air), lakukan treatment dengan mengaplikasikan water repellent atau rain repellent pada semua kaca mobil secara periodik 1-2 minggu sekali, sesuai petunjuk penggunaan.

Water/Rain repellent memberikan efek "air pada daun kelor", dimana air tidak mau menempel pada kaca.
Produk water/rain repellent ada banyak merk dan jenis aplikasi, dari bentuk cairan sampai gel. 
Hindari penggunaan merk produk yang membuat karet wiper kesat yang membuat berderit saat menyapu air pada kaca. 
Yang paling mudah diaplikasikan adalah cairan yang dlm kemasan aplikator sprayer, umumnya di beri nama "glass cleaner and rain repellent", tinggal spray dan keringkan dengan lap microfiber, lakukan secara periodik 1mgg sekali setelah cuci mobil maka kaca mobil akan bebas dari jamur (kerak air) dan selalu kilap.

Membersihkan kerak air / Jamur pada kaca mobil
Bila kaca sudah berkerak / jamuran, maka sebelum aplikasikan water/rain repellent ada langkah awal untuk membersihkan kerak air, ada beberapa merk  dan jenis produk untuk membersihkan kerak air, ada yang berupa cairan, gel dan compound.
Glass Compound / Glass Scrub 
salah satu treatment  yang paling bersahabat pembersihkan jamur kaca / kerak air. Contoh aplikasi : water spot remover dengan aplikasi khusus di Monza
Hati2 bila menggunakan cairan kimia yg berwarna merah jambu / bening, salah aplikasi anda akan hadapi masalah kaca yang lebih serius dari sekedar jamur / kerak air, kaca bisa flek bercak putih sampai terkikis spt guratan kuas cat di dinding yang membuat pandangan buram dan sangat mengganggu pengelihatan untuk nyaman berkendara. Cairan warna merah jambu ini memang murah, cepat dan efektif, banyak digunakan salon mobil krn ekonomis tp banyak juga masalah yg diberikan oleh salon mobil bila salah aplikasi.

Setelah kaca bersih dari jamur, lengkapi langkah akhir dengan aplikasikan water/rain repellent untuk menjaga selalu kaca mobil bebas dari jamur.

Perhatikan: Hindari terik matahari saat mencuci mobil maupun saat menggunakan produk2 yang perawatan kaca mobil.

[Chris ~ Monza Autosport]

6 comments:

  1. boleh numpang nanya gak?
    kemarin saat saya lepas kaca flm mobil dan saya menggunakan cairan berwarna merah jambu.. sepertinya kaca mobil saya di dalam jadi buram, penuh dgn flek bercak putih.
    ada cara untuk bisa di hapus..saya sudah mencoba pake segala macam cream pembersih jamur tetap saja tidak bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cairan merah jambu tersebut yang sering di sebut obat jamur kaca adalah cairan kimia yang keras. Bila kurang mengerti penggunaannya dengan tepat beserta antisipasi efek negatifnya maka sebaiknya jangan digunakan apalagi digunakan pada bagian dalam.
      Untuk kasus yang anda alami, flek yg terjadi tidak akan dapat dibersihkan krn cairan tersebut masuk ke pori2 kaca sehingga menimbukan flek.

      Delete
    2. kalau poles bisa? sepertinya bagian dalam susah mau poles ya..hahaa

      Delete
    3. Poles kaca windshield bagian dalam belum pernah dilakukan dan akan sulit untuk dilakukan

      Delete
    4. Sdh dijelaskan pada artikel,silakan dibaca

      Delete