About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

22 June 2009

Model dan Pemasangan Jok Kulit

Apabila anda melihat interior rumah yang mewah dan nyaman mungkin terbesit di pikiran anda bisakah sofa yang mahal ditaruh di dalam mobil, jawabnya bisa. Sofa mahal yang di tawarkan di toko furnitur saat ini dapat anda aplikasikan kedalam mobil anda.
Saat ini anda dapat membuat berbagai model yang anda inginkan pada jok mobil anda. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan sejak lama, tetapi karena trend yang selalu berubah maka jok kulitpun mengalami perubahan trend. Semua jenis dan model ini dapat diaplikasikan dengan semua jenis bahan untuk jok, terutama bahan kulit atau semi kulit (sintetik).
Teknik Penjahitan Jok (Single or Double Stitch)
Sebelum anda mengenal lebih lanjut sebaiknya anda mengenal teknik jahitan yang biasa di terapkan pada jok mobil. Teknik penjahitan dalam pembuatan jok kulit ada 2 yaitu single stitch dan double stitch. Single stitch berarti jahitannya hanya satu baris sedangkan double stitch jahitannya ada dua baris.
Jahitan double stitch lebih kuat, terlihat lebih rapih dan mewah. Pejahitan double stitch yang benar dilakukan dengan menggunakan mesin jahit yang bermata 2, jadi jalur jahitan terlihat harmonis dan jalan bersamaan pada seluruh area. Tetapi ada juga penjahit (yang tidak memiliki mesin jahit bermata dua) yang mengakali double stitch dengan cara menjahit dua kali jalan. Memang jumlah jahitan menjadi dua buah tetapi hasil pengerjaan tidak akan memuaskan karena bagaimanapun juga jarak antara jahitan pertama dengan kedua tidak merata (kadang rapat kadang renggang) sehingga malah terlihat berantakan.

Jenis Pemasangan
Ada dua alternative pemasangan jok kulit: sarung dg tali2/kancing/zipper dan cover jok paten.
Cover Jok Paten
Cover jok paten dipasang sesuai standard pabrikan spt halnya mobil2 premium yg telah dilengkapi oleh jok kulit. Cover jok paten tidak dijahit ke busa jok, tetapi memakai ring besi pada sandaran dudukan dan bawah jok spt hal-nya pemasangan cover jok original, meskipun sudah di copot bisa dikembalikan spt semula, hanya saja tidak mudah u/ dilakukan sendiri. Cover Jok paten memberikan
estetika dan kenyamanan yg lebih dibandingkan dengan sarung jok tali2/kancing/retsleting.
Cover jok original berbahan fabric itu tidak dijahit ke busa jok tp dipasang spt layaknya sarung hanya saja bukan pakai tali tapi pakai ring besi disandaran, dudukan dan bawah jok yg sudah tersedia mounting2nya bila ring besi dicopot maka cover jok fabric (std pabrik) dapat dg mudah di copot, begitu pula dg pemangan cover jok buatan Monza dilakukan spt halnya cover jok std pabrik.
Jok Jenis Sarung
Jok ini memiliki pemakaian seperti sarung, jadi jok bawaan standar tidak diubah atau dimodifikasi sedikitpun. Kelebihannya,anda dapat membuka sarung ini untuk sekedar dibersihkan. Kekurangannya, sulit untuk mendapatkan estetika yg baik karena sarung jok tidak dapat ngepress body jok yg berjalan dg waktu pemakaian akan semakin kendor dan kurang nyaman untuk duduk dalam perjalanan jauh terutama bila kabin mobil panas.

Model Polos
Model polos ini menjadi standard yang biasanya dipakai dengan model bawaan pabrik tetapi hanya mengganti kulitnya saja. Jadi anda akan merasakan posisi duduk yang sama saat membeli mobil pertama kali tetapi berbeda soal kenyamanannya.



Model Polos Kombinasi Kerut
Model ini mengambil pola struktur jok standard dg diberikan aksen sedikit kerutan untuk mendapatkan kesan elegan looks yang diaplikasikan pada premium cars.




Model Polos kombinasi Peforated
Model ini merupakan pamakaian kulit baik semi kulit atau kulit asli yang bermotifkan bolong-bolong, jadi terkesan berbeda dengan jok kulit pada umumnya. Pada dasarnya pembersihan model ini agak sulit karena 'pori-pori' pada permukaannya. Disarankan menggunakan warna gelap sehingga apabila jok kotor tidak terlalu terlihat nyata.

Model Two Tone/Dual Tone
Model jok ini mengaplikasikan dua
warna dalam pembuatannya seperti warna hitam dipadukan dengan merah, dsb. Semuanya tergantung kepada selera warna anda. Pada model ini juga dapat diaplikasikan diamond cut (wajik) atau garis2 pada bagian tengah2nya.


Model Two Tone Extended ~ Sporty & Pattern
Model jok two tone dapat dikembangkan lagi u/ mengambil aliran Sporty spt penggunaan bahan carbonize dan juga aliran elegan dengan penggunaan bahan dg pattern tertentu. spt pattern Burberry, Fendi.. etc

Model Kerut
Model ini menjadi favorit kebanyakan orang karena model ini menimbulkan nuansa elegan yg simple. Biasanya model kerut ini memakai sedikit jahitan agar tampak lebih nyaman dibandingkan jok yang polos. Jumlah dan besarnya kerutan dapat 'dimainkan' sesuai dengan selera pemilik mobil.



Model Sofa (Garson)
Model ini biasanya menarik kaum modificator elegan style untuk kontes karena modelnya yang kental dengan kesan sofa lazy boy. Biasanya orang menyukai karena desainnya yang khas. Dengan model ini jok anda terlihat lebih gemuk dan berisi karena model sofa/garson diisi dengan bahan dacron.


Model Garis Horizontal
Model ini membuat interior mobil terkesan sporty. Dengan motif ini cocok digunakan untuk yang memiliki karakter atau desain yang sport dan racing style.
Design sporty atau racing style umumnya berwarna gelap dan dapat diberi aksen benang merah untuk mempertegas bentuk jok.





Model Garis Vertikal
Model ini membuat interior mobil terkesan vintage dan klasik. Dengan motif ini cocok digunakan untuk yang memiliki karakter atau desain yang vintage dan elegan.




Model Diamond (Wajik)
Model diamond ini sangat banyak dan digemari khususnya anak muda, karena model ini dapat terlihat trendy dan dinamis. Model wajik ini berdesain jajaran genjang yang beraturan. Biasanya pola ini diterapkan sebagai variasi pada bagian tengah jok, tetapi anda juga dapat menerapkannya pada keseluruhan jok.



Dari model-model jok diatas masih bisa lagi dikembangkan baik memadu madankan warna, model jahitan maupun penggunaan bahan-bahan yg khusus, tentunya semua kembali kepada imaginasi dan creativitas trimmer.
Nah silahkan tentukan selera anda dan pastikan anda memesan pada penjahit yang menyediakan jaminan kepuasan (atau uang kembali).

(CLICK)

[Chris ~ Monza Autosport]

16 comments:

  1. model garson bisa di terapkan di dashboard,pilar2 dan plafon tidak?

    ReplyDelete
  2. bisa dilakukan pada dashboard dan plafon, tp juga harus dipertimbangan u/ type2 mobil tertentu yg mungkin pengaplikasian model garson tidak dapat dilakukan.

    ReplyDelete
  3. model kerut itu seperti yang di all new crv bukan yah? utk all new crv kena brapa bos? pake mbtech apa murano bagusnya? thanks :)

    ReplyDelete
  4. kerut new crv ada sendiri , ada banyak model kerut yg bisa diaplikasikan u/ all new crv.
    U/ konsulatasi cepat sebaiknya langsung telp 021-68836360

    ReplyDelete
  5. Bro....saya pake mobil sedan Hyundai Avega hitam,bisa bantu saya design jok yang cocok dan warna tidak terlalu rame / masih senada antara hitam abu_abu dan putih juga berapa biayanya,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal warna dan design adalah masalah selera masing2 orang.
      Untuk model2 jok bisa dilihat di forum monza, link ada pada blog ini, di pojok kanan atas.
      untuk harga silakan tlp 99995600 atau 68836360

      Delete
  6. Saya punya new grand livina 2012.. Pada dashboard didominasi warna hitam dan sedikit silver... Bisa batu untuk solusi untuk kombinasi warna dan motif yang sporty..??? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G. Livina 2012 warna interior dominan hitam.
      Warna hitam adalah warna netral, dpt dg mudah padupadan dg warna apapun sesuai selera.
      Untuk diskusi lebih intensive silakan datang ke workshop Monza.

      Delete
  7. kl mo pasang cover kulit buat all new crv bagusnya model gmn ya

    ReplyDelete
  8. ada pin bb g boss..biar enak konsultasi

    ReplyDelete
  9. Bos monza, saya mau full restore interior captiva non fl, include dashboard dan door trim, soalnya udah mulai kusam, bisa dibantu bos budget dan lamanya?

    ReplyDelete
  10. Bos,,mobil ertiga ada contoh sporty atau elegant 2 tone ga?mau dong contohnya,,,sapa tau cocok dan lgsg pesen...harga nya kn brp bos sama karpet dasarnya?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. R3 elegan 2 tone .. bisa lihat di https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xpa1/t1.0-9/166701_10151443061349571_1747955117_n.jpg

      Untuk permintaan harga silakan email monza.autosport@gmail.com atau tlp : 99995600/68836360 .. atau chat (detail di http://monza-autosport.blogspot.com/2013/03/alamat-peta-lokasi-jam-operasional.html)

      Delete