About Us

My photo
One of THE BEST in town, a Credible and Reliable workshop that you can trust to modified your cars. JOK KULIT | KACA FILM | CARBON FABRIC FILM | PEREDAM | AUDIO | BODY KIT REP. | HID | PROJECTOR - ANGEL EYES

05 April 2009

Sequel Pemasangan Kaca Film

Pemasangan kaca film pada kaca samping adalah bagian yg termudah dari proses pemasangan kaca film.
  • Kaca dibersihkan dari sisa lem kaca film yg lama dengan menggunakan cairan sabun dan cutter.
  • Kaca di semprot air sabun dan kaca film di tempelkan kemudian dipotong sesuai ukuran kaca.
  • Kaca bagian dalam sekali lagi dibersihkan dg cutter, kemudian pintu ditutup dan kaca sekali lagi di semprot cairan sabut dan dikeringkan menggunakan alat khusus
  • Kaca dibasahi air sabun sekali lagi dan protective film di lepas dari kaca film sambil di semprot air sabun, kemudian direkatkan ke kaca bgn dalam yg masih basah dan sisa KF yg berlebih dipotong sesuai bentuk kaca.
  • Kaca film dipotong lagi dg jarak +/-5mm dg tepi kaca agar tidak terkelupas saat naik turun kaca.
  • Cairan yg berada diantara Kaca film dg kaca di keluarkan dg menggunakan alat khusus.






Pemasangan KF di kaca belakang

KF lama di copot dg ditarik secara perlahan



Pembersihan bekas lem KF pada kaca belakang yg ada defrogger agak berbeda yaitu dilakukan dg proses Dipping. Setelah KF dilepas carian sabun disemprotkan pada semua permukaan kaca bagian dalam kemudian KF bekas yg dilepas di rekatkan kembali, hal ini dilakukan untuk melembekkan lem yg menempel pada kaca belakang dan didiamkan selama membuat pola KF untuk kaca belakang agar KF dapat mengikuti bentuk cekung kaca belakang, setelah membuat pola selesai proses pembersihan lem dilanjutkan dg menggunakan potongan bahan karpet dan sabun, sambil disemprotkan carian sabun dan digosok2 sampai semua lem terangkat dan kaca bersih. Setelah itu kaca film yg telah dipola dipasang spt saat memasang kaca samping.




Pemasangan KF di kaca depan (winshield)

Dipola dg blower dr bagian luar untuk membentuk lengkung kaca depan.


Pemasangan KF pada kaca depan, pintu mobil selalu di tutup.
Kaca bagian dalam dibersikan dg air sabun khusus dan kertas koran sampai tidak ada noda/kotoran, setelah bersih kaca bgn dalam dibasahi air sabun khusus dan protective shield KF dibuka sambil disemprotkan air sabun. Setelah itu lembaran Kaca film yg telah dibuka protective shieldnya di pasangkan perlahan pada kaca depan, selama masih basa dapat digeser2 agar posisinya pas.






Setelah letak posisi kaca film sudah tepat diletakkan pada kaca depan kemudian dg menggunakan alat khusus untuk mendorong air keluar diantara kaca dan kaca film sampai semua air berlebih tidak terlihat pada kaca depan. Meskipun demikian urat air tetap akan ada dan nanti akan kering sendiri setelah terkena matahari.



Finish work


CONTACT US
(CLICK)

[Chris ~ Monza Autosport]

176 comments:

  1. mau nanya om, itu yang kaca belakang kalo udah ada kaca filmnya kalo dilepas anti kabutnya ga ikut copot ya?

    ReplyDelete
  2. Hanya type2 mobil tertentu yg defroggernya lemah, sebagian besar tidak bermasalah dg defrogger saat KF dilepas.

    ReplyDelete
  3. om, sy pgn psg KF untuk yaris.. tapi sy msh ragu2 takut defrogger kc blakangnya jd rusak, krn dulu pernah pengalaman psg KF untuk great corolla, tapi defroggernya mlh jd g berfungsi.. klo yaris kya gtu jg g ya tar??

    ReplyDelete
  4. Untuk Yaris .. lebih minim resiko dibanding dg Honda City IDSI, tapi bukan berarti 100% risk free. Untuk Yaris yg telah dipakai lebih dari 6bln justru lebih minim resiko untuk melepas KF kaca belakang, sebaliknya untuk H.City IDSI yg lebih dari 3thn malah lebih rentan resiko defrogger terkikis saat melepas KF belakang.

    ReplyDelete
  5. bos.. klo grand livina, defoggernya termasuk yg lemah atau bagus ?

    ReplyDelete
  6. Sudah puluhan GL di bongkar dari KF standard nissan (SG OEM, type SI175) .. ga ada satupun yg masalah .. ada trik tersendiri u/ atasi lepas KF di GL dg cara yg plg aman.

    ReplyDelete
  7. untuk pemasangan kaca film samping, berapa hari tidak boleh dinaik turunkan? klo pas lewat tol atau masuk parkiran, mau ambil tiket apa harus buka pintu?

    ReplyDelete
  8. U/ kaca samping di sarankan selama 3 hari tidak diturunkan, kalau dijemur terik matahari maka 2 hari sudah bisa.
    Selama masa pengeringan, sebaiknya u/ ambil karcis parkir/tol buka pintu.

    ReplyDelete
  9. bos, untuk grand vitara resiko buat defoggernya gede ga?
    thanks.

    ReplyDelete
  10. U/ Grand Vitara belum pernah ada kejadian defrogger terkikis saat KF lama dilepas, tp bukan berarti 100% risk free.

    ReplyDelete
  11. Bos.. kalo servis defoffer untuk evo IV dimana ya, saya pernah tanya di tempat pemasangan KF saya disarankan untuk ganti set kaca belakang..
    tks..

    ReplyDelete
  12. Defrogger pada kaca belakang bila rusak tidak bisa di service, tapi harus ganti baru kaca belakangnya.

    ReplyDelete
  13. Bro, saya abis pasang kaca film di windshield kemarin n saya liat ada gelembung udara sedikit di bagian bawahnya. apakah itu wajar? apa mungkin gelembung itu akan meluas? thx before

    ReplyDelete
  14. Bila ada gelembung sebaiknya segera kembali ke workshop installer u/ di rapikan.

    ReplyDelete
  15. Bos kalau untuk all new corolla gimana Defrogger lemah g?
    apalgi dah 12 thn

    thx

    ReplyDelete
  16. Lemahnya defrogger bukan dari umur.. tp kondisi perawatan mobil yg terakumulasi menahun.. spt parkir hujan dan terjemur .. etc..etc.. pernah mengerjakan bmw m40 thn 90an .. tidak memiliki masalah dg defrogger lemah... tp bukan berarti mobil type tsb risk free 100%.

    ReplyDelete
  17. malem..

    Bang, mbl saya honda new city 2005 vtec, selama ini belum pernah pasang KF untuk kaca bagian belakangnya, rencana saya mau pasang KF, yg mau saya tanyakan..
    apakah setelah pasang KF, kalau defoggernya dinyalakan, apakah nanti timbul gelembung2 antara KF dan kaca belakang? (mengingat suhu defogger yg panas)..thanks

    ReplyDelete
  18. Meskipun defrogger dinyalakan seharusnya tidak akan membuat KF gelembung, selain itu KF branded di cover garansi mulai dari 5 smp 10thn, termasuk mengcover garansi gelembung pada KF.

    ReplyDelete
  19. Halo, saya mau tanya untuk pemasangan mobil tua seperti Volvo 960 kira2 KF apa yang cocok bro...dan apa kendala yang dihadapi saat mencopot KF lama pada mobil2 tua semacam itu
    terima kasih

    ReplyDelete
  20. @Henny:
    Warna dasar KF adalah silver dan hitam, kedua warna tsb adalah warna netral jadi pasti cocok dg warna mobil apapun, tinggal sesuaikan dengan selera. Soal % kegelapan KF bisa disesuaikan, selain itu juga pertimbangkan spesifikasi yg tentunya menunjang performa tolak panas u/ kenyamanan berkendara.

    Kendala utama umumnya pada kaca belakang, dimana terdapat resiko defrogger terkikis pada saat kf lama dilepas, umumnya pada mobil2 eropa memiliki elemen defrogger kuat dan secara history belum ada volvo bermasalah dg defrogger kaca belakang, meskipun demikian tidak bisa bilang risk free 100%.

    ReplyDelete
  21. kenapa ya setelah pasang banyak bintik2 diseeputar kaca film? mesti pake shampoo apa?

    ReplyDelete
  22. bintik spt apa? .. kalau bintik krn titik debu yang tempatnya menyebar alias tidak menggrombol pd satu area, hal ini tidak dapat dihindari 100% krn pada saat plastik protective shield di lepas ada efek magnet statis yg dapat menarik debu yg terbang, meskipun pasang kaca film dalam kondisi tertutup di dalam mobil baik baru maupun lama pasti ada debu yg terbang.

    Kalau debu menggrombol umumnya pada tepi2 kaca hal ini disebabkan karena debu yg ada pada sela2 / karet kaca terutama berbahan spt bludru (berbulu halus), mobil semakin berumur semakin banyak terjadi masalah ini. Sebelum pemasangan harus sebisa mungkin bagian tsb di bersihkan tp pada sela2 tertentu sulit u/ bisa bersih 100%.

    pemasangan kf baik digunakan shampoo baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bagaimana cara mengatasi bintik2 di kaca film

      Delete
  23. bintik2 seperti bekas shampoo kayaknya..kalau menggeser2 alat harus kearah mana spy butiran shampoo tdk tertinggal, trus kalau buat pola hrs dr luar atau lgs dr dalam mobil...tq

    ReplyDelete
  24. shampoo tidak menyebabkan bintik, pastikan air yg digunakan bersih dan memakai filter pada selang pump spray.

    Pola bisa dibuat diluar atau didalam, tapi khusus u/ kaca dpn dan blkg harus buat pola diluar.

    ReplyDelete
  25. kalau kaca depan bintiknya menggerombol kiri kanan agak bawah kenapa? solusinya apa? komposisi air dan shampoo gimana? kalau lis bersih tidaknya kita liat darimana ya? tq

    ReplyDelete
  26. bintik umumnya ada karena debu. waktu pasang harus tutup pintu dan pastikan kaca telah benar2 dibersihkan, saat protective shield kaca film di lepas langsung di spray dg air shampoo agar sifat elektrik statis dapat di anulir untuk meminimalisir debu yg ketarik dan menempel.

    solusi u/ menghilangkan debu yg sudah terjadi.. kf yg terpasang dibuka kembali dari satu sisi yg terdekat dg kumpulan debu disemprot dan bersihkan dan pasang kembali.

    Komposisi shampoo dan air bisa 1:10 (shampoo:air) .. tapi tentunya disesuaikan dengan kondisi real saat pasang sesuaikan dg kebutuhan.

    tepi2 lis karet terutama yg berbulu dapat dibersihkan dg kain cotton, spray air shampoo dan dilakukan berulang smp kotoran saat di lap kain cotton minim.

    ReplyDelete
  27. mas mau tanya, kao nyopot kaca film belakang toyota starlet, beresiko gak ? mohon pencerahannya ya. thanks. :D

    ReplyDelete
  28. Starlet selama ini blum pernah ada yg bermasalah saat di copot KF lamanya, tapi meski demikian tidak dapat dibilang 100% risk free.

    ReplyDelete
  29. salam monza,
    saya mau tnya kmrin pasang huper optic ceramic 5,bagian sisi kaca film belakkang kok terjadi seperti ada asap? apakah itu normal? kata ttekinisinya sih akibat dari dryer untuk mengikuti lekukan kaca jadi di dryer n terjadi pengasapan...

    ReplyDelete
  30. Untuk kaca bagian belakang yg melengkung pasti harus menggunakan hot gun agar Kaca film dapat dibentuk sesuai lekuk kaca.
    Untuk kaca film tertentu memang memiliki karakter terlihat asap bila di hot gun terlalu lama, spt halnya juga terjadi pada VKOOL VIP yg struktur metalnya berubah saat dipanaskan shg menghasilkan reflek spt asap/kain lecek.

    Untuk kaca film nano ceramic dg kegelapan 80% spt huper ceramic 5 dan memiliki spec tinggi bisa pertimbangkan merk ECLIPSE yg dapat dipasang pada kaca belakang yg melengkung tanpa efek asap/kain lecek meskipun di hot gun.

    ReplyDelete
  31. Bos Monza, butuh saran nih.
    Bagaimana cara menghilangkan bekas lem kaca film (setelah kaca film dilepas) agar kaca mobil bisa bening lagi??
    -makasih bnyk bos

    ReplyDelete
  32. membersihkan lem kaca film yg dilepas tidak lah sulit.. tapi perlu kesabaran dan ketelitian
    siapkan sprayer diisi dg air shampoo, sabun colek, sponge kasar (biasa u/ cuci piring), tissue dan squeeqy (sodokan)

    basahi kaca dg sprayer, pakaikan sabun colek di sponge kasar, .. gosok2 dg gerakan memutar tp jangan terlalu di tekan, .. kemudian pakai squeeky (sodokan KF) u/ mengangkat lem dan sabun, kerjakan berulang smp bersih.. dan tahap akhir gunakan sprayer dg air shampoo dan bersihkan dari sabun.. lap dg tissue halus.

    ReplyDelete
  33. Bos Monza, kalu mau pasang KF untuk kaca depan biar ngurangi panas sebaiknya pakai 3M crystalline yang angka rendah atau tinggi ya

    ReplyDelete
  34. Perhatikan spesifikasi TSER, semakin tinggi spec TSER maka semakin baik tolak panasnya.

    Semua KF Branded bahkan sparta yg berkualitas memliki spec UVR 99%. Untuk tolak panas perhatikan spec IRR dan TSER.

    TSER terdiri dari bbrp variable spec KF.
    Secara umum spec TSER terdiri dari 50% IRR, 40% VLT, 3% UVR dan 7% variable lain, spt: bahan dasar, teknologi, proses pembuatan, etc.

    Bijaklah dalam membaca spec TSER, dengan mengacu pada kombinasi akumulasi yg disebutkan sebelumya maka TSER seharusnya max 70%an saja, kalau lebih dari itu bisa dipertanyakan lebih lanjut.

    Spec plg tepat adalah spec dari hasil testlab, bukan spec dari pabrikan.

    ReplyDelete
  35. bung monza
    kaca belakang avanza yg ada defoggernya pernah ada masalah nga ketika mo ganti KF

    ReplyDelete
  36. @Merci: .. selama ini Monza tidak pernah menemukan masalah pada defrogger Avanza, tapi bukan berarti hal tersebut menjadi jaminan risk free 100%.

    ReplyDelete
  37. bos..mau tanya dong...honda freed 2011 defroggernya termasuk lemah ga? thanks.

    ReplyDelete
  38. Selama ini Monza Autosport melakukan bongkar pasang KF pada honda Freed tidak mengalami maslaah yg berarti, tapi meskipun demikian tidak dapat dijamin 100% risk free.

    ReplyDelete
  39. Pak mau tanya, saya pasang KF depan Picanto Solar Gard, pada sisi pinggiran ada seperti asap asap, teknisi bilang akibat pemanasan. apakah itu normal jika menggunakan hot gun atau kesalahan dgn panas yg berlebihan ?, thank

    ReplyDelete
  40. @sutenmd: pada semua KF metal sputtering dapat terjadi bila pemanasan berlebihan menggunakan hot gun pada saat pembuatan pola, umumnya terjadi pada kaca yg melengkung extreme shg perlu waktu lama u/ membuat pola.
    Di Monza tidak mengalami masalah berkabut/asap u/ pasang KF pada kaca dpn Kia Picanto.

    ReplyDelete
  41. bagaimana dengan defrogger honda civic 2009, bila akan dipasang kf di kaca belakang?
    mana yg lebih baik antara eclipse, evolution dan huper optik?

    ReplyDelete
  42. Secara history Monza tidak pernah mengalami masalah dg defrogger Honda New Civic (FD1), tapi meskipun demikian tidak dapat bilang risk free.
    Bila yg dimaksud performa "lebih baik" .. bisa dilihat dari spesifikasi Kaca Film yg dipilih, tentunya disesuaikan dg kebutuhan dan keinginan.

    ReplyDelete
  43. mas mau tanya, cara gunakan blower yang benar gimana sih?? aku sudah coba berulang2 tapi malah KF nya jadi rusak, aku juga masang KF di NTT.. makasih buat bantuannya...

    ReplyDelete
  44. cara menggunakan blower yg baik dan benar, harus jaga jarak dan panas blower, ... sulit dijelaskan cara menggunakannya kecuali dg melihat langsung atau dengan video.
    Anda bisa cari2 di youtube u/ pemasangan KF dg hot gun.

    ReplyDelete
  45. Mau tanya, kalau jazz all new 2008 defogger nya bermasalah gak kalau kaca film lama di lepas?
    dan
    itu kenapa di foto ada yang pasang kaca film di luar kaca? kenapa gak di dalam cabin ?

    ReplyDelete
  46. defogger all new jazz selama ini belum pernah ada masalah, tp tidak bisa kami bilang risk free 100%.

    bukan pasang diluar kaca tp KF film di blower hot gun u/ bentuk lekuk kaca baru dipasang didalam.

    ReplyDelete
  47. Bos,kalau KF 3M itu garansi baret ga yah? Saya pasang KF 3M Crystaline 40% untuk kaca depan samping, tapi baru pemakaian 6 bulan an ada baret halus di KF nya....hal ini termasuk dalam garansi ga yah? atau KF 3M saya palsu yah? Saya pasang di Cema*a Abad* di Bandung...mau komplain,tapi takut ga masuk garansi, nti malah dongkol sendiri jadinya...thanks

    ReplyDelete
  48. Garansi adalah garansi produk u/ pamakaian normal, diluar dari kesalahan perawatan maupun cacat pakai.

    ReplyDelete
  49. siang...
    mau tanya gan, kalo untuk pasang KF di carry saya kira" abis biaya berapa ya? :)

    ReplyDelete
  50. @anonim: tergantung KF merk yg ingin digunakan, harga KF sangat beragam.. u/ Carry ada yg dari 400rb (antigores) smp dg 5jtan (VKOOL)

    ReplyDelete
  51. halo Pak, kalau Vkool untuk volvo S40 semua sisi dengan komposisi seperti bawaan freed maksudnya prosentase kegelapan. kena berapa ?

    ReplyDelete
  52. Halo Pak (anonim), harga vkool u/ S40 silakan tlp langsung ke 68836360

    ReplyDelete
  53. Tanya dong bos Monza, Mitsubishi pajero sport 2011 defroggernya termasuk lemah ga ya? saya ada rencana buat ganti KF 3M soalnya thanks.

    ReplyDelete
  54. Halo Monza Autosport.

    saya tertarik sekali menggunakan jasa anda untuk pemasangan kaca film pada mobil saya, Honda city 2005. mohon diberikan perkiraan harga untuk kondisi ideal kaca film dalam wilayah penggunaan di kota jakarta (maaf saya belum terlalu familiar dengan spec2 dan jenis2 kaca film). kira2 berapa harga yang dibutuhkan ?

    thanks
    (akbar)

    ReplyDelete
  55. Pajero sport selama kita kerjakan belum ada masalah defogger, tapi tidak bisa dibilang risk free 100%, hanya saja secara history belum pernah terjadi defogger terkikis.

    @akbar: kita sudah terima emailnya, segera kami reply, thx.

    ReplyDelete
  56. klo untuk jazz 2004, defogger belakang riskan rusak ndak ya klo diganti?

    Thanxs..
    Ipul

    ReplyDelete
  57. Bang, saya mau pasang untuk Nissan March, risknya bagaimana ya untuk masalah defroggernya? makasih

    ReplyDelete
  58. Baik defogger jazz dan march, secara history yg pernah kami kerjakan belum pernah bermasalah, tp meskipun demikian tidak dapat dibilang risk free 100%.

    ReplyDelete
  59. bos, saya mau pasang KF di mercy 300E, cocok nya pake apa ya? tapi yang harga nya sedang aja. pengen nya si yang gelap, tapi yang tolak panas nya lumayan juga.

    defogger nya 300E rentan ga?

    ReplyDelete
  60. cocok atau tidak relatif sesuai selera, begitu juga yg harga sedang .. tidak ada patokan u/ setiap orang :)
    silakan tlp 68836360 u/ harga2 dan konsul cepat

    defogger mercy 300E, secara history yg pernah kami kerjakan belum pernah bermasalah, tp meskipun demikian tidak dapat dibilang risk free 100%.

    ReplyDelete
  61. Bos, Saya mau ganti KF, Mobil saya Nissan GL thn 2010 pakai KF Standar SI175, yg saya mo tanyakan beresiko dgn defoggernya tidak??
    & Lebih Adem Mana 3M ato Evolution?? u/versi VIPnya.
    Mohon Infonya... Tq Boss

    ReplyDelete
  62. @anonim: GL 2010 dg KF SG OEM type SI175, sudah banyak yg kita bongkar dan secara history aman bila tau caranya, tapi meskipun secara history aman, resiko defogger terkikis tetap ada.
    KF Adem atau tidak dilihat dari spec TSER (Total Solar Energy Rejected), semakin besar nilai TSER semakin baik performa tolak panasnya.

    ReplyDelete
  63. Saya baru pasang kaca Film depan.... tetapi banyak sekali gelembung udara. Apakah ini norml

    ReplyDelete
  64. Gelembung udara spt apa? bila titik debu tidak dapat dihindari tapi kalau terlalu banyak dalam 1 spot itu artinya pemasangannya tidak baik.

    ReplyDelete
  65. Saya punya Range Rover Sport mau ganti KF. Kalo KF di blkg rusak gak yah defoggernya kalau pasang baru..

    ReplyDelete
  66. Bos, sekarang vkool aslinya yg baru stickernya warna abu2 ya, bukan warna kuning/orange lg ya.. mohon infonya

    ReplyDelete
  67. @anonim: Range Rover sport defogger blkg blum ada history yg dapat di informasikan, tp tidak ada kepastian akan rusak atau tidak.

    @anonim: mungkin sudah ada yg baru, tapi kami terakhir kami tau stickernya masih berwarna kuning emas. untuk kepastiannya silakan tlp langsung ke vkool indonesia.

    ReplyDelete
  68. Gan.. Untuk defrogger di window belakang punya sx-4 cbu gimana? tergolong bagus atau tidak, saya ada rencana pasang kf di monza, tapi saya agak ketakutan untuk pengelupasan kaca film lama di mobil saya,
    Terimakasih.

    goy

    ReplyDelete
  69. @Goy: Selama ini puluhan SX4 yg mengganti KF di Monza belum ada yg mengalami masalah defogger terkikis saat KF lama dilepas, tapi meskipun demikian tidak bisa bilang no risk 100% meskipun dikerjakan dg teliti dan hati2 krn elemen defogger tersebut terkikis menempel pada KF lama saat dilepas meskipun pelan2.

    ReplyDelete
  70. Siang...
    Apa rekomen tipe KF Eclipse untuk Karimun Kotak? apa ada poto2 tentang pemasangan pada Karimun Kotak? sy dah kirim e-mail, plis reply ya, tq

    ReplyDelete
  71. KF Eclipse bisa untuk mobil apapun buat yg mencari KF nano ceramic dg spec tinggi dan harga value for money.
    Email segera di reply, thx.

    ReplyDelete
  72. Gan, Ane baru pasang kaca film hari jumat kemarin, kalau mau cuci mobil , aman gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuci mobil umumnya dilakukan pada bagian luar, maka tidak masalah krn kaca film dipasang pada kaca bgn dalam mobil

      Delete
  73. Mas mau nanyak dikit tentang air yg dipakai, air sabun apa yg harus sy pakai. makasih

    ReplyDelete
  74. Mas, Saya jauh di negeri orang, untuk masang kaca belakang yg cengkung sngat susah Mas saya udah cuba beberapa kali tapi tak memuaskan waktu memanaskan, kalau bisa tolong Mas dijelasin dong gimana cara memblowernya. Makasih Mas atas saran shampoo non conditioner. T Q,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kaca belakang harus pakai potongan kaca film yg sesuai urat kaca film (*potong memanjang, bukan potong lebar roll kaca film)

      saat potong panjang yg diblower bagian atas dan bawah, kalo potong lebar yg diblower bagian kiri kanan.

      btw, perlu latihan berulang2 kali u/ dapat mahir memasang KF pada kaca dpn dan belakang yg melengkung.

      Delete
  75. salam super untuk monza
    saya mau tanya kalau vios 2006 defroggernya lemah ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini secara history Monza melakukan bongkar pasang KF pada new vios belum pernah ada yg bermasalah, tapi bukan berarti risk free 100%

      Delete
  76. Mas... Saya rencana mau pasang kaca film utk ertiga mhn rekomendasinya kalau mobil warna silver sebaiknya warna hitam atau silver sy ingin yang tidak mengandung metal krn sy sering pakai gps.
    Untuk kaca depan adem tapi tetap jelas kalau malam, jgn yg clear. Utk kaca samping dan belakang dari luar agak gelap tapi dari dlm cukup terang utk melihat spion. Rekomendasi nya Om monza pakai merk apa kaca filmnya budget saya +/- 2.5 juta...mhn info harga dan merknya bisa di email ke saya franss.tri@gmail.com

    Terimakasih sblmnya....dan monza tetap sukses....

    ReplyDelete
  77. untuk pemasangan di mobil baru (kaca depan) grand livina, setelah pemasangan curing time berapa lama ya?lalu apakah setelah pemasangan bole dilakukan cuci mobil or kena hujan?

    thanks,

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kaca dpn umumnya perlu waktu 2-3 hari mobil beroperasional (terjemur matahari) agar benar2 kering dg sempurna.

      setelah pasang mobil di cuci dan kena hujan tidak masalah bila pemasangan dilakukan pagi/siang hari dimana sebagian air sudah 1/2 kering terkena terpa matahari, atau bisa juga telah dibantu dengan hot blower untuk tepi2 kaca dimana bagian tepi2 kering jadi tidak akan mengangkat dari kaca krn proses pengembunan/ dingin dari hujan / saat cuci mobil.

      Delete
  78. Bos monza, mau tanya nih..
    apa setiap pasang kacafilm depan tehnisi harus dudukin pintu depan pada saat pemasangan? Soalnya sy liat disalah satu foto pemasangan diatas tehnisi duduk dipintu depan sebelah kiri.. pengen ganti kacafilm nih, tapi kalo caranya begitu mending sy pake yang standar bos..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tidak didudukin :) .. tapi posisi badan berada sela antara pilar dan pintu (kondisi pintu terbuka) untuk menggapai saat memola kaca film dg hot gun.

      Delete
  79. bro monza, kf depan ane ada semacam urat gelembung air gitu, apakah setelah dijemur bisa hilang? ato apa langsung saja dikembalikan ke dealer saja. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. urat gelembung air? .. bila benar air akan mengering dan hilang dalam wkt 3-7hari, tapi ada baiknya bicarakan terlebih dahulu sama dealernya dan lebih enak datang ke dealer tsb u/ di diskusikan langsung.

      Delete
  80. Mas... Saya rencana mau pasang kaca film utk APV GX mhn rekomendasinya u/ mobil warna hitam.

    Untuk kaca depan adem tapi tetap jelas kalau malam. Utk kaca samping dan belakang dari luar gelap tapi dari dlm cukup terang utk melihat spion.

    Rekomendasi nya Om monza pakai merk apa kaca filmnya budget saya skitar 2,5juta...

    mhn info harga dan merk KF, bisa di email ke saya dicky.muhamad@gmail.com

    Tks dan sukses slalu...

    ReplyDelete
  81. Mas kalo rush baru termasuk lemah ga ya defogger nya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rush baru maupun lama, secara history monza bongkar pasang belum pernah bermasalah dg defogger

      Delete
  82. selamat pagi om, mau tanya soal KF. saya ada rencana mau moles kaca depan mobil saya karena sudah termasuk mobil tua (astina th.90) dan setelah tanya sana sini disarankan bagian dalamnya dipasang KF. sebelumnya sudah pasang KF namun yang bagian depan hanya sisi atas saja dan yang dibagian lain tidak rapih. yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ada produk dari Monza yang value for money?
    2. apakah dalam pemasangan terutama bagian depan dan belakang bisa tanpa sambungan?
    3. KF belakang saat ini pemasangannya tidak rapih. apabila harus dilepas dahulu, bisakah diminimalisir saat proses pelepasannya dengan tidak merusak defogger?

    terimakasih sebelumnya. sukses terus Om lapaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ada byk opsi, mau warna dan range budget berapaan?

      2. Bisa

      3. soal defogger bisa baca di http://monza-autosport.blogspot.com/2010/10/resiko-terkikisnya-elemen-defogger.html

      Delete
  83. om...mobil saya galant hiu...skrg pake kf v-kool...udh terpasang lbh dr 6 thn...klo ganti kf defogger nya aman ga?

    ReplyDelete
  84. Galant HIU scr history belum pernah bermasalah saat bongkar pasang KF di MONZA.

    ReplyDelete
  85. Pak, saya baru pasang KF depan untuk ertiga setelah selesai, sekitar 1 jam. Saya bawa keluar mobilnya, dan terkena cahaya matahari. terlihat di kaca depan tsb, seperti "sapuan" dari alat pemasangannya, tetapi sapuan tsb seperti berminyak. Apakah normal dan bisa hilang dengan sendirinya ?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh tau pasang kaca film merk dan type apa?
      sapuan dari alat pasang biasanya sisa air yg akan menguap saat terkena panas sinar matahari.

      Delete
  86. 3m, yang silver 20 ataau 40%.

    Oh ya ama dari pabrikannya kan kaca samsing dipasangin KF solar gard 60% silver, tetapi tulisau yang solargardnya terbalik, apakah itu masih wajar atau masih wajar?

    Defogger itu apa yah?
    Kalao pasang anti karat lebih baik yang plincut / disemprot atau yang electric ?
    di Monza berapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3M ada yg 20 maupun 40%

      tulisan terbalik tapi terbaca solargard ..tidak masalah dan kerap terjadi krn saat buat pola kadang perlu di putar.

      Defogger itu adalah garis2 di kaca blkg u/ pemanas kaca bila berembun.
      Anti karat yg konvensional (semprot) maupun yg elektrik keduanya bagus, hanya yg elektrik lebih simple baik pemasangan maupun perawatan dan tidak menambah bobot mobil.

      Anti karat elektrik Rust evader bisa di pesan di monza dg harga 1.2jt, pemasangan 30-45menit (perlu appointment)

      Delete
  87. boz mo nanya,
    kaca depan ada bekas beret wiper di luar, klo dipasang kaca film beretnya makin kliatan ga?apa mesti ganti kaca?sempet dipoles tapi terlalu dalam jadi tetep kliatan. selama ini pake KF depan yg atas saja. trims infonya
    balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaca film di pasang pada bagian dalam, baret kaca tetap terlihat sama spt sblm pasang KF.

      Delete
  88. Om Mo nanya nih :D
    kalo pasang eclipse E35 depan + E15 samping dan belakang abis berapa?tolong balas ke email ariefnrakhman@gmail.com.
    makasih infonya ommmm :D

    ReplyDelete
  89. Boz nanya nih,
    klo buat mitsu galant 97 pasang eclipse depan E35 + samping dan belakang pake E15 abis brapa boz?balas ke ariefnrakhman@gmail.com ya.
    Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  90. bro untuk honda jazz rs full vkool kena brapa harga bagus ya

    ReplyDelete
  91. Halo boss...

    Saya planning mau pasang KF Vkool di jazz saya, bisa tolong e-mail ke saya spek yg ada dan harga nya? Supaya saya bisa itung 2x budget-nya

    E-mail saya dicky.sambenthiro@yahoo.com

    Terimakasih



    ReplyDelete
  92. Bro, apakah pernah ada problem dengan deffoger Nissan Serena C24 saat pemasangan? Soalnya umur kendaraanya sdh lama nih bro > 6 tahun?
    Pls info.
    Tk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deffoger nissan serena selama ini kami bongkar pasang scr history belum ada yg terkikis, tapi meskipun demikian tidak ada jaminan 100% risk free.

      Delete
  93. Gan mau tanya harga pemasangan kf e35 depan dan e05/15 untuk samping dan belakang? Kira2 kalau e05 untuk belakang waktu parkir malam kesulitan nggak yah? Sekaligus tanya kalau depan di beri evolution ps 40, dan samping blk dikasih ps 10 berapa harganya? Mana yg direkomendasikan eclipse atau evolutions? Mobil ertiga. Mohon email ke pontirm@yahoo.com.

    ReplyDelete
  94. gan mau tanya, saya pasang KF di vkool bandung, kendaraan saya all new crv, nah pemasangan KF pada kaca bagian belakang yg ada deffogernya kurang rapih terlihat ada gelembung, apakah akan hilang? dan katanya kalo melepas KF belakang akan merusak deffogernya, apakah itu betul? atau tergantung teknik melepasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gelembung air kecil akan hilang, kalau besar akan meninggalkan udara, kalau gelembung kecil krn titik debu dan hanya dikit merupakan toleransi kerja.

      bila masih baru pasang (belum 3 hari) harusnya masih mudah di lepas kecuali benar2 kering maka lemnya agak keras jadi ada resiko elemen defogger terkikis, tapi selama ini secara history All New CRV 2013 yg ganti (bongkar pasang) KF di Monza belum ada yg bermasalah dg elemen defogger terkikis.

      Delete
  95. mhn pencerahan bos,sy rencana mengganti KF depan mobil ford fiesta warna ungu karena terlalu gelap dr dalam,saya mau yg agak terang dr dalam,gelap dr luar & bisa nahan panas matahari yg bagus apa yah ? oh ya budget saya kisaran 700 ribu.thanks sblmx

    ReplyDelete
    Replies
    1. gelap dari luar u/ winshield tergantung kegelapan kaca smpg blkg juga, vlt 35% sudah cukup bila smpg blkg sudah pakai KF dg vlt 10-5%
      Bila ingin spec tser yg mumpuni maka budgetnya belum bisa, plg minim harus siap 1jt

      Delete
  96. Om, mau tanya...
    Klo misalkan hyundai atoz tahun 2002 saat pasang KF baru nantinya akan bermasalah dengan defrogger nya ga? Planning saya mau pakai 3M atau Solar Gard. Mohon pencerahannya ya, thanks..

    Balas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atoz yg pernah Monza bongkar pasang KF, belum ada masalah dg deffoger tapi meski demikian tidak berarti Risk free 100%.

      Delete
  97. Minta tolong advice nya boss, untuk mobil tahun 96an kaya all new corolla, yang cocok pakai kf brand apa ya? 3M kah apa solarguard udah cukup.. defoggernya apakah juga rentan? trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok atau tidak masalah selera, warna dasar KF umumnya hitam / silver .. pasti cocok aja dg mobil warna apapun, tapi skrg lagi trend KF warna hitam.
      Corolla all new yg pernah Monza bongkar pasang KF, belum ada masalah dg deffoger tapi meski demikian tidak berarti Risk free 100%.

      Delete
  98. Mohon bantuan konsultasinya
    Untuk avanza Navy Gray 2011, kaca film yg cocok warna dan merk apa ya? Mohon info merk dan pricenya bila hendak saya pasang full, namun tingkat kegelapan berbeda apakah bisa?
    Budget < 3 jt.

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna dasar kaca film umumnya hitam /silver cocok2 aja dg mobil warna apapun, ini masalah selera, tapi yg sedang trend skrg ini adalah KF warna hitam.

      Untuk harga dan konsultasi pembelian silakan tlp ke (021)68836360 atau email ke: monza.autosport@gmail.com

      thanks,

      Delete
  99. bos, mau tanya, ada ga ya jual alat defogger ? mobil sy honda brio. ga ada wiper blkng dan defogger,agak serem juga kl ujan gde.
    thanks

    ReplyDelete
  100. bos untuk all new avanza 2013 cocok y kaca film merek apa??
    begini mau y kf y pas siang hari org diluar gk bisa lihat kedalam mobil tetapi pas malam kita bawa mobil y gak gelap lihat dari dalam ke luar soal y mata ane minus,
    haha,
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saat siang sampai tidak bisa lihat kedalam meskipun jidat nempel kaca, maka saat malam pasti mata perlu kerja extra apalagi kalo penerangan jalan kurang dan hujan.

      Untuk dapat melihat nyaman saat malam dg kondisi hujan sekalipun dan siang masih dapat privacy meskipun ada silhouette orang didalam, maka dpn pakai vlt 35-40% dan smpg blkg vlt 12-15%

      Soal merk ada bbrp opsi, tergantung budget yg dianggarkan.

      Delete
    2. budget 1,5jt bisa dapat merek apa??
      Untuk dapat melihat nyaman saat malam dg kondisi hujan sekalipun dan siang masih dapat privacy meskipun ada silhouette orang didalam..


      Delete
    3. budget 1.5jtan (lebih2 dikit) bisa dapatnya KF kelas medium spec spt evo cs/bs, 3M NH+BB20, etc .. soal privaci gelap terang bisa dilihat dari spec vlt

      Delete
    4. Gan kalau merek perfection gimana??
      masuk dalam katagori high, medium atau low??
      trus kalau perfection dari depan, samping n belakang mau pakai yang gimana??
      thanks

      Delete
  101. bos ane mau tanya soal perfection sama perfect gard,
    mana lebih bagus dan ke2 y tergolong dalam kelas apa medium atau low??
    oia bos kalau buat malam tetap terang dan jelas mau pakai yang mana??
    siang y tetap terjaga privasi y.
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perfect gard kelas mid to low sedangkan perfection mid to high.
      Kalau malam mau nyaman melihat keluar maka dari luar maksimal hanya bisa moderate privacy alias masih ada bayang orang didalam meskipun ga jelas terlihat.
      Untuk Moderate privacy pakai KF yg vltnya 12-15% u/ smpg blkg dan vlt 35-40% u/ kaca dpn.

      Delete
  102. Bos mau tanya gmna ya memassng KF untuk honda freed all variant.dnger2 itu sering trkena cpunya.langkah 2 ap yang hrus dipersiiapkan sblumm mmsng KF dimobil trsebut.tlong dijlasin gmna caranya biar ndak terjd hal yg sdmikian.sama gmna cara mmsang KF biar ndak berbintik debu.tlng dijlsn cranya jg.tak tunggu di email saya trima kasih.balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. PM anda di FB Monza Autosport dg pertanyaan yg sama sudah di jawab, thx.

      Delete
  103. dari res di padang,,, bos monza mohon bantuannya ,,, saya 2 hari yg lalu mengganti KF depan,, yang lama dan baru merek solar screen,, pada proses pelepasannya tehnisi itu memakai air merah,,,, masalahnya sekarang ada bekas garis garis bekas lem KF,, sngat menggangu,, sekarang kf nya saya lepas lg,, suadah dibersihkan dan digosok pakai detergen,, sunlight,,dan bahkan di rubbin,,,mohon banttuanya bos monza...saya sudah frustasi,,tolong bgaimana cara membersihkannya,, dan tehnik nya,,, trimakasih banyak,,dari hendresta res..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin Res,
      Di prediksikan, penggunaan air merah dg "cara yg salah", membuat bekas garis2 lem kaca berbekas dan tidak dapat dihilangkan maupun dibersihkan.

      Boleh tau mobil merk apa? thn brp?
      Apakah sebelumnya sudah terpasang kaca film?
      Sdh brp kali mengganti kaca film?

      Sementara ini satu2nya solusi adalah mengganti kaca windshield untuk mendapatkan kembali visibility yang nyaman untuk berkendara.

      Delete
  104. hi monza autosport

    saya mau ganti kaca film mobil sedan soluna,umur mobil sudah lebih dari 6thn, kira2 apa rekomendasi untuk kaca film depan dan samping-belakang,
    klo bisa berserta harganya, atau ada paketan untuk harga yg lebih hemat,,
    untuk merk mungkin bs vkool, 3m, huper optik,solargard. mungkin juga bs dikombinasi merknya,

    oh ya ini alamat monza autosport dimana ya?

    bisa langsung balas ke email (aries.bimo@yahoo.com)
    thanks
    bimo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pemasangan kaca film silakan datang ke workshop Monza di Mall MGK lt.6 Blok D3 No. 5, Kemayoran, JakPus. Bisa cari di google map, search: "Monza Autosport"

      Perihal harga dan jenis KF ada banyak opsi yg dapat dipilih dg harga yang beragam dari 1jtan smp dg 5jtan, sekiranya bisa lebih spesifik kriteria yg dibutuhkan termasuk range budget yg diinginkan shg bisa informasikan lebih tepat sesuai dg kebutuhan dan keinginan anda.

      Untuk respon cepat silakan hub: 021-68836360

      Delete
  105. dari res di padang,,trims monza mobil saya soluna thn 00, kaca sekarang baru 6 bulan, kaca film yang dilepas kemarin kaca film yg pertama,, gara2 bekas itu saya coba juga pasang ulang ,,tp tdk memuaskan juga dipake akhirnya di lepas kembali hari itu juga,, maksud monza dengan mengganti kaca dengan kaca windshield maksudnya gmana?,,,trims byk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Res,

      Iya benar untuk sikon yg ada pada kaca mobil soluna kamu, maka solusi untuk bisa mendapatkan visibility yg baik kembali disarankan untuk mengganti kaca windshield.

      Delete
  106. Gan mau tanya harga pemasangan kf e35 depan dan e05/15 untuk samping dan belakang? Kira2 kalau e05 untuk belakang waktu parkir malam kesulitan nggak yah? Sekaligus tanya kalau depan di beri evolution ps 40, dan samping blk dikasih ps 10 berapa harganya? Mana yg direkomendasikan eclipse atau evolutions? Mobil ertiga.
    ohh ya satu lagi, gelapan mana dari luar antara 3M CR40, Evo PS 40 sama Eclipse E35??
    Mohon email ke "diko.angga2689@gmail.com"
    thanks

    ReplyDelete
  107. Bos monza saya mau tanya kalau bintik di kaca depan diatas spion kaca depan seperti telur kodok, utk pemasangan kaca film di area tersebut air sabunnya susah kering yah? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titik-titik hitam bawaan kaca mobil tersebut ada ketebalan dari permukaan kaca, sehingga kaca film menempelnya hanya pada titik-titik hitam tersebut dan air yang berada pada celah kecil diantara titik-titik hitam tersebut tentunya tidak dapat cepat mengering, tp berjalan dengan waktu pakai dan terjemur matahari, lambat laun akan mengering. Tapi tetap kaca film tidak dapat menempel di celah kecil antara titik-titik tersebut.

      Delete
  108. Mas gimana dengan defogger all new rio? Termasuk lemahkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara history, All New Rio pasang KF di Monza belum pernah ada yang bermasalah dengan deffoger.

      Delete
  109. Selamat siang mas,

    saya punya Suzuki Swift dari dealer langsung dapat kaca film solar gard yg 60%. kalo saya mau ganti 3M BB berapa yah biayanya?
    terus karena KFnya itu baru dipasang, sebaiknya tunggu berapa lama yah sampai KF diganti? saya takut defrognya rusak. ada pengalaman ga mas defrognya rusak pas ganti KF untuk suzuki swift? thank you

    harganya boleh email ke saya yah oclif.mantik@gmail.com.

    ReplyDelete
  110. Om, Hyundai Avega, untuk kaca belakang ganti kfnya apakah bermasalah dengan defroggernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara history Monza belum pernah mengalami masalah dengan defogger Avega saat bongkar pasang kaca film, tapi bukan artinya 100% risk free.

      Delete
  111. Boss monza mau tanya donk klo ford fiesta defoggernya lemah ga?? Saran donk utk kaca film yg paling bagus merk apa ya?? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara History Monza bongkar pasang KF Ford Firsta blm terjadi defogger fiesta bermasalah tp hal tsb tidak berarti risk free 100%.

      Soal paling bagus bisa baca2 referensi spec penting saat memilih KF bisa lihat di http://goo.gl/jYYw6K

      Delete
  112. Mas mau tanya , kf belakang aerio kalau di lepas akankah bermasalah tidak defrogger nya ? Saya mau ganti tapi ragu defroggernya nanti rusak . mohon pencerahannya . thx .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada kepastian elemen defogger akan terkikis atau tidak saat kaca film lama di lepas, secara history Suzuki Aerio yang bongkar pasang kaca film di Monza belum ada yang bermasalah dengan elemen defogger terkikis.

      Delete
  113. Bos Monza, sama kayak Eka di atas, saya pakai solargard baru sekitar 6 bulan.. KF solargard yang depan waktu awal-awal (mungkin siang g keliatan) tapi lama-lama kalo malam ada baret halus keliatan jelas, garisnya ada sekitar 4 (masing-masing berjarak 5-10cm) melengkung teratur berbentuk seperempat lingkaran. Ini NORMAL gak ya? Nyebelin banget ada tepat didepan pengemudi, kalo malem kena lampu keliatan jelas. Note : Kalo bersihin kaca dari dalem masa bisa baret kayak gitu ya? padahal biasa kalo di tempat cuci mobil cuma di lap kanebo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan benar2 apakah baret dari dalam apa dari luar? Krn usapan karet wiper bisa membuat kaca baret dengan garis 1/4 lingkaran spt yg dimaksud

      Delete
  114. om, klo defoger di sirion lemah ato ngga ya klo mo ganti kf?
    solar optima termasuk bagus ngga om, trus kebanyakan biasanya depan samping belakang pakai yg brp % klo pake solar optima?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara history deffoger sirion belum pernah ada yang bermasalah dalam pengerjaan di Monza. Maaf, soal solar optima kami belum tau detail jadi tidak bisa info.

      Delete
  115. Om , Saya punya Sirion FC 2015 , kaca filmnya bagian driver ada beberapa baret baret , padahal mobil baru dan kacanya belum pernah naik turun , itu kenapa ya om . Apakah memang dalam pemasangan kaca film itu pasti terjadi baret atau memang karena kualitas kaca filnya yang jelek om ?
    Kalau saya mau ganti total Apakah defogger aman om ?
    Rekomendasikan kaca film warna kehijauan swperti rayban yang ndak mantul om, dan ongkos pasang bongkar pasangnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baret yg dimaksud bila bisa dirasakan dengan kuku maka hal tersebut kesalahan dalam pemasangan.
      Defogger Sirion secara history dari yg sudah bongkar pasang di Monza belum pernah ada yang bermasalah, tapi tetap tidak ada jaminan 100% risk free, detail penjelasan perihal defogger dapat dibaca di http://monza-autosport.blogspot.com/2010/10/resiko-terkikisnya-elemen-defogger.html

      Umumnya kaca film warna kehijauan itu dala kategori clear 10%, tidak ada kaca film yg hijau spt rayban dg kegelapan diatas 20% (kecuali antigores mungkin ada), bila ada pasti mantul karena yang terpasang adalah kaca film silver pada kaca yg memiliki warna dasar hijau, jadinya kehijauan reflective.

      Untuk konsultasi lebih lanjut silakan hub Call Center & WA: 0812.921.5600 / 0838.66.888.918 (No SMS!)
      YM/Line: monza.autosport
      BBM: 7A1BC755

      Delete
  116. bos.. d kaca belakang samping dekat bagasi mobil avanza,di bagian KF bawaan yang hitam itu seperti pelekatnya lepas jadi bergaris lingkar. cara atasinya gmna bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari bagian dalam kaca bisa di berikan cat hitam/di pilox

      Delete
  117. bang kalo pasang KF 3M untuk xenia full kisaran berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung type kaca film 3M yg digunakan... ada yg 1jtan full dan sampai 2jtan

      Delete
  118. Gan..pada saat pemasangan kaca film selesai..apa masih ada yg harus dilepas dari dalamnyaa atau gd..soalnya ini punya saya kok kaya ada yg mau lepass yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah selesai kaca film dipasang pada kaca tidak perlu ada yg dilepas. Sebaiknya kembali ke workshop tempat anda pasang kaca film untuk memeriksa kembali yg di pertanyakan.

      Delete
  119. Bos monza ,,ane pasang kf kaca blakang timor gagal trus ,,apa hrus pke kf yg merk bgus,,thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah kaca filmnya tapi keterampilan tukang pasangnya.

      Delete
  120. Om ko bru pasang kaca film langsung ada bintik2 ya...itu cara menghilangkan nya bagaiman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bintik air bisa hilang dg sendiri stlh terjemur matahari, air akan menguap.

      Kalau titik debu tidak bisa hilang tp bisa di minimalkan stlh 3 hari (air kering)

      Delete
  121. Maaf boss monza.. sy mau tanya nih, kemarin sy baru pasang KF merk 3M di slah satu bengkel variasi di surabya, tapi karna dr pihak installer gak ngasih tau, bahwa kalo baru dipasang gak boleh dinaik turunkan kacanya selama 3hari,jadi sy santai aja buka kaca pas waktu masuk loket tol atau parkiran, nah solusinya gimana tuh bos monza tolong dijelsin.. karna sy perhatiakan kemarin ada banyak garis di bagian dlm kaca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 hari adalah batas aman, dalam arti untuk mobil yg operasional rendah tetap bisa kering airnya. Sebenarnya bila dijemur 1harian terik besoknya sudah bisa turun naik kaca.
      Garis yang dimaksud apakah baret naikturun kaca? bila ya ... umumnya disebabkan kotoran pada karet pelipit kaca atau karet kacanya sudah mengeras, hal tersebut diluar garansi pasang maupun garansi produk karena disebabkan oleh "fail part" dari mobil.

      Delete
  122. Klo kaca film Avanza di lepas keseluruhan ada masalah gk kira 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari history selama ini avanza bongkar pasang di Monza blm ada yang bermasalah

      Delete
  123. Bos monza mau tnya nih klo pasang kf bagian depan atau belakang pelapisnya yg di dalam atau yg di luar saat bikin pola.

    ReplyDelete